Mohon tunggu...
Guru PAUD Hebat
Guru PAUD Hebat Mohon Tunggu... Guru - Kindergarten Teacher

Hanya membawa segudang mimpi.. sejengkal harapan.. dan segenggam ideologi kebebasan.. Mencoba menggapai signal di atas bukit menoreh

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak dalam Kegiatan Melipat Bentuk Ikan Menggunakan Media kertas Origami pada Kelompok B

19 Februari 2024   17:59 Diperbarui: 19 Februari 2024   18:00 435
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Untuk meningkatakan kemampuan anak dalam melipat bentuk ikan menggunakan media kertas origami, dimana ketrampilan melipat merupakan tahap pengembangan aspek fisik motorik halus, dalam kegiatan melipat bentuk ikan memerlukan pembejaran dan media yang menyenangkan agar anak tertarik dan antusias ketika kegiatan.

Latar belakang masalah dari praktik pembelajaran ini adalah :

  • Metode yang digunakan guru kurang tepat
  • Media yang digunakan kurang bervariasi
  • Kurangnya latihan fisik motorik halus pada anak
  • Kurangnya ketrampilan anak dalam melipat
  • Kurangnya bimbingan orang tua di rumah dalam fisik motorik halus
  • Kurangnya stimulasi dari guru ketika kegiatan melipat

Gambar 2: Praktek Melipat Bentuk Ikan Pada Anak/dok. pri
Gambar 2: Praktek Melipat Bentuk Ikan Pada Anak/dok. pri

Adapaun proses dalam strategi yang digunakan dalam menghadapi tantangan-tantangan yang dihadapi adalah

  • Melakukan perencanaan dengan membuat dan mempersiapkan perangkat
  • Mengkondisikan anak didik dan memahami karakteristik anak
  • Berkoordinasi dengan, teman sejawat dan orang tua siswa tentang rencanapelaksanaan praktik
  • Melakukan praktik pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran PBL dengan pendekatan STEAM
  • Melakukan praktik pembelajaran dengan pendekatan TPACK melalui tayangan tayangan video tentang tema
  • Guru menyediakan media yang mudah dan menarik untuk memperjelas dalam penjelasan tema

Dampak dari aksi dan Langkah-langkah yang dilakukan hasilnya sangat efektif karena :

  • Terciptanya suasana pembelajaran yang menyenangkan bagi anak
  • Anak antusias dan senang dalam kegiatan tersebut
  • Anak tidak cepat bosan dalam mengikuti kegiatan pembelajaran
  • Penilaian hasil, adanya peningkatan kemampuan yang dicapai tingkat mampu respon orang terkait Patner/ teman sejawat merasa senang karena mendapat pengalaman dan pengetahuan

Penulis,

Erlina Sri Idawati, S. Pd

TK Mardisunu Tanjungsari

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun