Di awal bulan Desember ini, penulis melihat adanya advertisement tentang pembukaan pasar raya Natal di Montreal. Tentunya Kompasianer tahu bulan Desember identik dengan perayaan Natal, dan juga bulan terakhir sebelum masuk ke tahun baru. Melihat dari namanya, tentu dapat diduga pasar Natal menjual kebutuhan dan pernak-pernik untuk masyarakat dalam memenuhi kebutuhan mereka untuk menyambut perayaan Natal dan juga tahun baru. Penulis menetapkan diri untuk mengunjungi Christmas market ini, dan ini akan merupakan pengalaman pertama menonton keramaian marche de Noël di Canada. Adapun pelaksanaan le grand marche de Noël de Montreal akan berlangsung dari tanggal 10 Desember 2015 sampai 2 January 2016. Mari kita liput bersama bagaimana sih kemeriahan dan program pasar raya Natal di Canada itu.Â
[caption caption="Keramaian di pasar raya Natal di Montreal, 19 Desember 2015, Canada"][/caption]
Sejarah Singkat Pasar Natal
Pasar Natal ternyata merupakan tradisi yang sudah berusia ratusan tahun dari negara-negara Eropa Barat, khususnya Jerman, Austria, Italy, dan Prancis. Pada mulanya, pertama kali tercatat sekitar tahun 1294, penduduk di keempat negara tersebut menyelenggarakan penjualan di jalanan segala macam pernak-pernik natal, kado, kue-kue penganan, alat musik, dan kebutuhan untuk perayaan Natal dan tahun baru, sehingga masyarakat hanya perlu datang ke satu tempat untuk mencari kebutuhan mereka.Â
Christmas market ini bersifat musiman saja, hanya dibuka selama 4 minggu, yang biasanya dimulai pada awal Desember, dan akan berakhir setelah perayaan Natal ataupun tahun baru. Salah satu keunikan marche de Noël di masa itu, para penjual akan membuat kios-kios unik dari kayu, dan biasanya akan ada keramaian berupa panggung boneka, badut, ataupun penyanyi opera.
Le Grand Marche de Noël de Montreal, 12 Desember 2015 – 2 January 2016
Pasar raya Natal Montreal dilangsungkan dari tanggal 12 Desember 2015 dan akan berakhir pada 2 Januari 2016. Tanggal 19 Desember 2015, penulis tiba di lokasi acara, yaitu di Place des Arts, suatu area lapangan terbuka yang biasanya sering dijadikan area konser dan festival, namun kali ini disulap menjadi arena penjualan musiman Christmas market. Banner selamat datang terpasang di sisi kiri dan kanan gerbang masuk.
Begitu melangkah masuk, terlihat program acara harian yang akan berlangsung terpasang dengan cukup besar, sehingga pengunjung dapat melihat aktivitas yang akan berlangsung hari itu, ataupun beberapa hari yang akan datang. Program harian ini berkaitan dengan pihak sponsor, misalnya pemberian kado Natal bagi anak-anak dari salah satu sponsor, lomba menulis surat kepada Bapak Santa, ataupun jadwal panggung penyanyi orchestra yang akan dibawakan oleh murid-murid sekolah musik di Montreal.Â
[caption caption="Banner selamat datang di Pasar Raya Natal Montreal"]
[caption caption="Program acara harian di pasar raya Natal"]
Setelah melihat jadwal acara, penulis melihat ada dinding yang dilengkapi dengan charger untuk mengisi baterai handphone ataupun perangkat mobile berbagai jenis. Ternyata dalam acara ini, penyelenggara bekerja sama dengan sponsor tidak melupakan unsur sosial, yaitu berbagi kepada sesama. Di sini pengunjung yang perangkat mobile-nya low-bat, dapat mengisi baterai dengan gratis. Uniknya untuk setiap kali pengunjung menggunakan charger, penyelenggara akan memberikan sumbangan senilai seporsi makanan kepada lembaga sosial yang mengurusi warga yang kurang mampu. Dapat dilihat dari monitor led, pada hari itu saja, pihak penyelenggara akan memberikan sumbangan 1287 makanan, alias dalam sehari tersebut, borne de charge telah digunakan 1287 kali. Cuaca yang cukup dingin mungkin membuat pengunjung tidak banyak menggunakan charger yang diletakkan di ruangan terbuka.