Sebuah perusahaan biasaya memiliki tingkat level yang berbeda-beda. Ada yang level tinggi, sedang sampai biasa saja. Dan biasanya tingkat dari level tersebut juga memiliki pengaruh terhadap laporan keuangan mereka yang diberikan.
Maka dari itu, ada beberapa laporan keuangan tentang pembukuan yang bisa disederhanakan sesuai dengan kebutuhan dan menjadi lebih rapih. Berikut ini langkahnya :
1. Kumpulkan dan Analisa Bukti Transaksi
Ketika ingin membuat pembukuan dengan rapih, maka sebelumnya anda harus mengumpulkan bukti-bukti transaksi yang lengkap berupa bukti pembayaran, kwitansi dll.
2. Buatlah Jurnal Transaksi
Kemudian catatlah ke dalam jurnal transaksi terhadap setiap transaksi yang ada. Lebih baik untuk selalu mencatat setiap ada transaksi agar mencegah kesalahan ketika saat posting buku besar.
3. Pemindahan Transaksi Ke Buku Besar
Ketika transaksi anda selesai maka langkah selanjutnya adalah pemindahan ke buku besar. Sesuaikan semua transaksi dengan akun yang disediakan. Dan jangan sampai salah untuk penempatan debit atau kreditnya.
4. Pembuatan Neraca
Ini merupakan tahap yang biasa dilakukan ketika ingin menutup buku. Neraca ini akan membuktikan tentang utang dan piutang. Ketika keduanya tidak balance berarti masih ada masalah dengan pencatatannya.
5. Laporan Keuangan