Mohon tunggu...
Lintang Kejora
Lintang Kejora Mohon Tunggu... -

Menulis membuat pusing, tapi tidak menulis lebih membuat pusing

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Tidak Ada Kata Terlalu Tua atau Terlalu Muda untuk Bermain dan Belajar

15 Agustus 2011   16:15 Diperbarui: 26 Juni 2015   02:45 138
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Selalu ada kesan tersendiri jika kita berbaur atau bermain bersama anak-anak yang usianya terpaut jauh di bawah kita. Dari beberapa pengalamanku, seperti pada saat aku pernah mengajar anak-anak SD, berada pada saat acara ulang tahun anak kecil, atau dari pengalamanku baru-baru ini, yaitu dimana aku dan teman-temanku mengadakan acara menanam pohon bersama yang mengikutsertakan anak-anak. Di saat menunjukan sifat dan sikapku pada mereka, ada saja yang aku rasakan akibat menemukan sesuatu secara spontan tanpa harus memperhatikan secara detail. Yaitu tingkah laku penuh arti sebagai timbal balik atas apa yang telah aku berikan kepada mereka. Entah itu akan terlihat pada saat itu juga atau tersimpan untuk sementara dan akan terlihat di lain waktu.

Kepolosan dan keluguan tentu saja terlihat pada anak-anak jika kita berada di sekitar mereka. Terkadang sifat dan sikap tidak menyenangkan atau bahkan kurang ajar juga terlihat dari mereka. Mata mereka akan selalu mengamati, telinga mereka akan selalu mendengar dan pikiran mereka akan selalu mencerna setiap hal yang kita lakukan. Mereka adalah peniru. Orang tua yang bijak seperti kita akan selalu menyadari bahwa setiap bangunan jiwa yang disusun adalah pondasi kekal buat masa depan anak-anak.

Bukan karena aku yang masih kekanak-kanakan, atau karena aku yang memang tidak memiliki teman seusiaku. Bukan juga karena aku seorang pedofilia, tapi berkumpul dan bermain bersama anak-anak merupakan hal yang menyenangkan sebagai alat refreshing bagiku. Aku memang sangat menyukai anak-anak, tapi sepertinya harus bisa lebih bersabar untuk dapat memiliki anak. Semua itu kulakukan seperti apa yang pernah dikatakan oleh Donal Bebek, bahwa “tidak ada kata terlalu tua atau terlalu muda untuk bermain dan belajar.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun