Mohon tunggu...
Lintang Budi Kusuma
Lintang Budi Kusuma Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Diponegoro

Saya adalah Mahasiswa Universitas Diponegoro prodi Informatika Fakultas Sains dan Matematika

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

KKN Tim 1 UNDIP 2022/2023: Menumbuhkan Minat Siswa Terhadap Informatika di SDN 2 Kluwih

6 Februari 2023   12:30 Diperbarui: 10 Februari 2023   17:14 321
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pemaparan Materi Pengenalan Informatika

Batang (21/01/2023) - Developer adalah seseorang yang bertugas untuk mewujudkan desain sebuah produk atau layanan, biasanya berupa software dan website. Tingginya kebutuhan tenaga IT di Indonesia khususnya sebagai developer belum sebanding dengan jumlah developer yang ada. Melihat dari kondisi tersebut, tenaga di sektor pemrograman jadi prioritas dan membutuhkan lebih banyak ketersediaan.

Lintang Budi Kusuma, salah satu mahasiswa KKN UNDIP Tim 1 Tahun 2022/2023 melihat urgensi permasalahan tersebut dengan menciptakan program untuk mengedukasi siswa SD kelas 6 mengenai informatika, logika informatika, dan coding. Gagasan program mahasiswa ini menimbulkan antusiasme SDN 2 Kluwih sehingga dapat menambah informasi siswa tentang informatika, logika informatika, dan coding.

Program ini diawali dengan survey pada minggu pertama di SDN 2 Kluwih. Didapatkan informasi bahwa siswa SDN 2 Kluwih belum tahu tentang informatika terutama logika informatika dan terdapat fasilitas chromebook yang dapat digunakan dalam pelaksanaan program ini. Selanjutnya, mulai menentukan tanggal dan hari yang tepat untuk melaksanakan program yang sebelumnya sudah didiskusikan terlebih dahulu dengan para guru SDN 2 Kluwih.

Leaflet Pengenalan Informatika
Leaflet Pengenalan Informatika

Proses kegiatan mengajar dilakukan dengan cara memberikan materi tentang informatika dan logika informatika. Siswa diberikan materi singkat mengenai informatika dan logika informatika. Kemudian diberikan contoh pertanyaan tentang logika informatika untuk mengecek pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan. Setelah itu, dilakukan pengenalan coding melalui game "Google Coding Doodle". Setelah menyelesaikan semua level dan mendapatkan medali emas, diberikan penjelasan tentang pengaruh bermain game dan cara menyikapinya.

Dengan adanya kegiatan pengenalan informatika, siswa dapat menerapkan konsep berpikir logis, baik dalam kegiatan pembelajaran maupun dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, siswa dapat menjadi tertarik untuk mendalami dunia informatika sehingga diharapkan dari program ini dapat menghasilkan developer muda berprestasi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun