Mahasiswa P2MB (Program Pemberdayaan Masyarakat Berkelanjutan) yang diselenggarakan oleh LPPM UPI (Lembaga Pemberdayaan dan Pengabdian Masyarakat) melaksanakan KKN di Kampung Beting, Bekasi. Pada saat pelaksanaan KKN kami membuat program kerja U-Jar (Upi Mengajar) di MI Mayaul Huda, Kampung Beting, Desa Pantai Bahagia, Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi.Â
Pada program U-jar ini mahasiswa KKN mencoba menerapkan metode pembelajaran Game Based Learning (GBL) dengan membuat media pembelajaran ular tangga untuk anak kelas 1. Pada media pembelajaran ular tangga ini perlu membuat kartu soal, bintang skor, dan desain papan permainan ular tangga. Media pembelajaran ini  dimaksudkan untuk mengajak siswa bermain sembari belajar, bisa dilakukan secara kelompok maupun individu.
Penggunaan media pembelajaran ular tangga ini diuji cobakan pada hari Senin 9 Mei 2023 dan mendapatkan respon yang sangat positif dari siswa kelas 1. Siswa kelas 1 terlihat sangat antusias dalam mengikuti permain ular tangga ini, hal itu dikarenakan proses pembelajaran biasanya dilakukan monoton hanya menggunakan sumber belajar buku saja jadi ketika permainan ular tangga diterapkan ini mereka sangat senang karena dapat bermain sembari belajar.Â
Pertanyaan- pertanyaan yang digunakan dalam permainan ular tangga mencakup beberapa mata pelajaran seperti matematika, PKN, IPS, IPA, Dll. Hal itu bertujuan agar pengetahuan siswa bertambah luas. Media pembelajaran ular tangga yang diterapkan pada kelas 1 MI masyaul Huda ini dimainkan secara individu. Setelah semua peralatan di siapkan, dimulai dari yang pertama yaitu hompimpa dahulu untuk menentukan siapa yang melempar dadu terlebih dahulu. Ketika dadu dilempar, maka setiap siswa yang melempar dadu wajib menjawab pertanyaan pada setiap kotak yang telah disiapkan.Â
Hal itu dilakukan secara bergantian antar siswa. Siswa berhak mendapatkan skor 10 ketika bisa menjawab satu pertanyaan dengan benar dan mendapatkan skor 0 ketika tidak dapat menjawab pertanyaan. Hal itu dilakukan secara berulang- ulang dan bergantian. Setelah permainan ular tangga ini selesai, mahasiswa memberikan evaluasi dari media pembelajaran ular tangga ini. Media pembelajaran ular tangga ini selain dapat mengasah pengetahuan mereka juga dapat menumbuhkan kreatifitas serta motivasi belajar.
Penulis: Lintang Pandu Kusuma
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H