Pembelajaran sosial emosional (PSME) merupakan suatu pendekatan pendidikan yang berfokus pada perkembangan keterampilan, sikap, dan nilai-nilai yang diperlukan untuk memperoleh kompetensi sosial dan emosional. PSME memiliki potensi besar dalam membantu anak-anak berkembang menjadi individu yang mandiri, berempati, dan berkontribusi positif dalam masyarakat.
DEFINISI DAN TUJUANÂ
Pembelajaran sosial emosional dapat dijelaskan sebagai proses pengembangan keterampilan, sikap, dan nilai-nilai yang diperlukan untuk memperoleh kompetensi sosial dan emosional. Tujuannya adalah untuk memberikan anak-anak pengetahuan, keterampilan dan sikap positif terkait aspek sosial emosional, sehingga mereka dapat memahami, mengelola, dan mengekspresikan emosi dengan baik. Hal ini juga melibatkan kemampuan untuk merasakan dan menunjukkan empati kepada orang lain, serta membuat keputusan yang bertanggung jawab.
ASPEK PENTING DALAM PSME
1. Kesadaran diri (self-awareness)
Mengenal dan memahami emosi dan perilaku diri sendiri. Ini melibatkan kemampuan untuk mengenali dan memahami emosi serta perilaku internal.
2. Manajemen diri (Self-Management)
Mengelola emosi, menahan diri dari reaksi impulsif, dan mengendalikan perasaan negatif. Fokus pada mengatur emosi dengan stabil tanpa terbawa oleh perasaan yang kuat.
3. Kesadaran sosial (Social awareness)
Memahami dan menghargai perbedaan antara diri sendiri dan orang lain. Melibatkan kemampuan untuk memahami Perspektif orang lain dan berpartisipasi dalam interaksi sosial dengan bijaksana.
4. Hubungan sosial (Relationship skill)