Perguruan Tinggi baik Negeri maupun Swasta tentu saja membutuhkan citra reputasi yang baik agar dapat menarik perhatian calon mahasiswa, mendapat simpatik dan dukungan dari masyarakat dan membangun kerjasama dengan stakeholder dengan erat. Begitu halnya dengan Universitas Muhammadiyah Jakarta, dengan memanfaatkan salah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yaitu SAFIMTA atau Saman Fisip Muhammadiyah Jakarta yang merupakan UKM dengan fokus pada kegiatan tari tradisional yaitu Tari Saman yang berasal dari Aceh. SAFIMTA sering kali mengikuti dan mengadakan perlombaan. Melalui lomba yang diadakan oleh SAFIMTA ini dapat menjadi salah satu ajang menaikan reputasi Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Selain melalui UKM SAFIMTA Universitas Muhammadiyah Jakarta juga menggunakan program beasiswa yang dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya melalui beasiswa Hafidz Qur’an dengan beberapa ketentuan. Hal ini dapat menarik minat publik untuk mendaftar di Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Selain kedua hal terebut, Universitas Muhammadiya Jakarta juga memanfaatkan media online seperti pada website resminya, Universitas Muhammadiyah Jakarta menyampaikan visi misi dan tujuan mereka yang telah dilakukan sejak pertama kali UMJ didirikan. Sosial media juga tak luput dari pemanfaatan, akun Instagram Universitas Muhammadiyah Jakarta terbilang cukup aktif dalam menyebarkan informasi terkait pemberitaan maupun kegiatan yang ada di Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Strategi memanfaatkan UKM dan sosial media sebenarnya dapat menjadi efektif apabila dilakukan secara aktif, sebab kegiatan Tari Saman Selalu menarik perhatian setiap kali ada acara penampilan dan selalu menjadi puncak acara. Dengan sosial media dan SAFIMTA Universitas Muhammadiyah Jakarta mampu menaikan reputasinya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H