Mohon tunggu...
Wachidatul Linda Yuhanna
Wachidatul Linda Yuhanna Mohon Tunggu... Dosen - Dosen

Saya adalah seorang dosen Pendidikan Biologi yang mempunyai hobi menulis dan broadcasting. Saya tertarik dengan dunia jurnalistik karena mellaui kegiatan ini dapat berbagai informasi positif yang dapat menjadi inspirasi bagi orang lain.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Siapkan Digitalisasi Sekolah, SDN 03 Kanigoro Kota Madiun Gelar IHT Penyusunan Bahan Ajar dan Asesmen Digital

12 November 2024   07:00 Diperbarui: 12 November 2024   07:05 90
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar 1. Narasumber menyampaikan materi (Dok. SDN 03 Kanigoro)

Madiun (29/10/2024) SDN 03 Kanigoro  Kota Madiun menggelar In House Training (IHT) untuk guru dengan tema penyusunan bahan ajar dan asesmen digital. Kegiatan bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran sesuai kurikulum merdeka. 

IHT ini dibuka oleh kepala SDN 03 Kanigoro, Suharsi, M.Pd dengan narasumber dosen UNIPMA, Dr. Wachidatul Linda Yuhanna, M.Si. Acara IHT diawali dengan identifikasi dan refleksi terkait bahan ajar dan asesmen yang selama ini digunakan di SDN 03 Kanigoro, kemudian akan dikembangkan lebih lanjut ke arah digitalisasi.

"Kegiatan ini merupakan salah satu aktivitas dari komunitas belajar KANIGAMA Berkembang dan sekolah penggerak untuk memberikan penguatan guru dalam menyusun bahan ajar dan asesmen digital" ungkap Santoso Fenila, S.Pd. ketua Kombel. 

Dalam paparannya, Dr. Linda menyampaikan materi jenis-jenis bahan ajar dan cara penyusunannya, dan ragam asesmen yang digunakan untuk mengukur aspek kognitif, afektif dan psikomotorik  peserta didik. Bahan ajar ialah sekumpulan materi ajar yang disusun secara sistematis yang merepresentasikan konsep yang mengarahkan peserta didik untuk mencapai suatu kompetensi. 

Sedangkan asesmen adalah upaya untuk mendapatkan data informasi dari proses dan hasil pembelajaran untuk mengetahui seberapa baik kinerja peserta didik, kelas, dibandingkan terhadap tujuan, kriteria, capaian pembelajaran tertentu. Asesmen digunakan guru sebagai umpan balik pembelajaran dan mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik terhadap mata pelajaran tertentu.

Gambar 2. Guru SDN 03 Kanigoro menyusun bahan ajar dan asesmen digital (Dok. SDN 03 Kanigoro)
Gambar 2. Guru SDN 03 Kanigoro menyusun bahan ajar dan asesmen digital (Dok. SDN 03 Kanigoro)

Selain pengetahuan tentang bahan ajar dan asesmen, Dr. Linda juga menyampaikan penggunaan Artificial Intelligence (AI) berupa   Canva, Gamma, Quillbolt dan Humata dalam menyusun bahan ajar dan asesmen. Saat iHT, guru SDN 03 Kanigoro juga diminta untuk praktik secara langsung penggunaan AI dalam mendukung penyusunan perangkat pembelajaran yang lengkap.  

Hasilnya semua guru mampu mengintegrasikan AI dalam pembelajaran dan siap untuk disampaikan ke peserta didik. "Penggunaan AI sangat membantu guru dalam menyiapkan bahan ajar dalam waktu yang singkat dari sumber yang tepat, namun harus tetap ada pengecekan materi yang relevan "ungkap Khoirunissa, S.Pd. Guru SDN 03 Kanigoro.

Gambar 1. Narasumber dan peserta IHT (Dok. SDN 03 Kanigoro)
Gambar 1. Narasumber dan peserta IHT (Dok. SDN 03 Kanigoro)

Aktivitas peningkatan kompetensi guru melalui komunitas belajar ini sangat baik untuk dilaksanakan sebagai wadah pengembangan diri. Semakin banyak guru mengikuti kegiatan inovatif, maka kualitas pembelajaran juga akan meningkat. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun