Berkembangnya teknologi saat ini mengajak para pedangan juga ikut berkembang. Â Mulai dari pedangan olshop (online shoping). Â Banyak kalangan yang bisa menjadi pedagang online. Tidak ada syarat umur, Â usia maupun pendidikan. Â Hanya perlu keinginan dan ketekunan.Â
Cara berjualan sangat gampang. Â Yang penting koneksi lancar. Â Tinggal buat akun jualan di fb, Â ig maupun sosmed lainnya, Â rajin upload foto barang jualan. Â Pasti pelanggan akan datang membeli. Â Kemudian janjian dan transaksi deh.Â
Ternyata menjadi olshop tidak segampang yang dipikirkan.  Banyak resiko yang harus di tanggung.  Yaah walaupun tidaj sampe jual tanah. Hehehehe
Owner harus pintar-pintar mencari suplyer agar dapat harga murah dan memastikan kualitas tidak mengecewakan. Â Hal ini tidak gampang, Â karena saya sendiri mengalami nya dan tahu betul untuk mencari yang terbaik perlu berkorban. Â Tapi demi kepuasan pelanggan dan memdapat keuntungan (sudah jelas pedagang harus cari untung, Â kalau tidak, Â apa gunanya)Â
Beranjak ke masalah selanjutnya yang lebih komplex adalah PHP (pemberi harapan palsu) dari pelanggan. Â Percayalah ini lebih sakit daripada php gebetan.
Jauh-jauh hari sudah disiapkan barang yang bagus, Â kualitas oke, sudah di kepp order tapi ternyata pada hari pengambilan, tidak diambil. Â Waahhhh pengen marah tapi dalam hati selalu bilang sabar.Â
Jadi bagaimana menghadapi itu semua???Â
Pertama cara mencegah dulu ya
Ketika ada pelanggan membeli , baik barang nya sedikit atau banyak wajib DP minimal setengah harga lah. Â Buat ambil barang kan perlu modal juga. Â Jangan mudah percaya dengan orang. Â Jangankan orang baru dikenal, orang terdekat pun bisa menjadi php dengan berbagai alasannya. Â Intinya adalah berhati-hati. Â Setelah di transfer, Â proses lah barangnya secepat nya agar pelangganpun tidak menunggu lama. Ingat yang kepercayaan sangat susah dicari, Â sekali mengecewakan maka selamanya olshop itu akan di beri label tidak bagus. Pelanggan adalah raja.Â
Naaahhh, Â terus bagaimana jika hal ini sudah terjadi?Â
Relakan.....Â