Di era digital yang semakin terhubung, media sosial telah menjadi aktivitas dari kehidupan sehari -- hari kita. Seperti facebook, twitter, Instagram, dan tiktok tidak hanya mengubah kita dalam berinteraksi, tetapi cara kita menyebarkan dan mendapatkan sebuah informasi. Di balik tampilan yang menarik dan kemudahan dalam menggunakan platform ini, terdapat mekanisme kompleks yang mengatur konten yang kita lihat : algoritma media sosial.
Algoritma media sosial adalah serangkaian aturan dan perhitungan matematis yang menentukan konten apa yang muncul di beranda pengguna, algoritma ini memiliki kekuatan besar dalam membentuk lanskap informasi digital . namun, dampaknya terhadap penyebaran informasi jauh lebih luas dan berbahaya tanpa kita sadari perlu di olah dengan baik oleh pengguna.
Mekanisme Kerja Algoritma Media Sosial :
1. Personalisasi Konten
Algoritma menganalisis perilaku pengguna, seperti like, komentar, dan waktu yang dihabiskan pada jenis konten tertentu, untuk menyajikan konten yang dianggap paling relevan dan menarik bagi pengguna.
2. Tranding Topik
Algoritma mengidentifikasi dan mempromosikan topik yang sedang popular atau viral.
3. Viral Content Boosting
Konten yang mendapatkan engagement tinggi dalam waktu singkat akan diprioritaskan dan disebarkan lebih luas oleh algoritma.
Dampak Positif