KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 3.3
PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK POSITIF PADA MURID
Oleh Liah Komariah, CGP Angkatan 6
Â
Menurut Ki Hajar Dewantara,
"Manusia merdeka adalah manusia yang hidupnya bersandar pada kekuatan sendiri baik lahir maupun batin, tifdak bergantung pada orang lain"
dan
"Pendidikan itu menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya, baik sebagai manusia maupun anggota masyarakat."
Â
Sekolah adalah rumah kedua untuk anak-anak, sebagai rumah kedua seyogyanya sekolah dapat memberikan lingkungan yang nyaman bagi anak-anak, baik lingkungan biotik maupun abiotik. Guru sebagai pemimpin pembelajaran, berperan penting dalam menumbuhkan potensi murid agar berkembang dengan optimal. Setelah mempelajari modul 3.3 ini, tentang pengelolaan program yang berdampak positif pada murid, banyak memberikan pelajaran yang berharga bagi saya dalam hal merancang program sekolah yang dapat memberikan pengalaman belajar untuk murid. Murid bukan hanya sekedar objek kegiatan saja, tapi murid harus dilibatkan dalam setiap proses merancang program kegiatan sekolah, sehingga murid merasa bahwa pendapatnya mereka didengar dan mereka dapat menentukan kegiatan apa yang mereka butuhkan. Mereka juga merasa mereka dapat memilih cara yang mereka inginkan untuk menyelesaikan suatu masalah, sehingga muncul rasa tanggungjawab dalam melaksanakan program kegiatan sekolah tersebut, karena mereka merasa memiliki tanggungjawab terhadap sukses atau tidaknya kegiatan tersebut yang merupakan suara dan pilihan mereka.
Materi yang dipelajari modul 3.3 tentang:
- Kepemimpinan Murid
- Lingkungan yang Menumbuhkembangkan Kepemimpinan Murid
- Peran Keterlibatan Komunitas dalam Menumbuhkembangkan Kepemimpinan Murid