Mohon tunggu...
lyurs
lyurs Mohon Tunggu... Editor - SMM

-

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Peran CV dalam Memikat HRD

1 Februari 2019   20:07 Diperbarui: 1 Februari 2019   20:27 115
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Karier. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Selama Sore.

Di sore ini saya ingin berbagi cerita sedikit melalui pengalman saya. Ya, jadi seusai saya tamat dari kampus tercinta pasti dong saya dilamar. wkwk. bercanda. melamar maksudnya. Melamar pekerjaan. Nah, ilmu melamar pekerjaan ini awalnya saya dapatkan melalui searching setelah tertarik pada suatu perusahaan yang saya inginkan sebagai tempat saya bekerja. 

Saat itu saya mendapatkan panggilan tes dari sebuah perusahaan IT di Jakarta melalui suatu aplikasi jobseeker yang saya pakai untuk mencari pekerjaan. 

Nah, ternyata saya diminta untuk melengkapi data terlebih dahulu, dan antara lainnya adalah : SKTL/Ijazah , KTP, dan CV. Nah kalau SKTL, Ijazah dan Fotocopy adalah hal yang sudah terformat bagaimana bentuknya ketika kita miliki dan bisa langsung fotocopy dan di scan menjadi bentuk gambar atau pdf. Nah, lain cerita dengan CV. CV adalah singktan dari Curriculum Vitae. Apasih itu CV?

CV atau Curriculum Vitae adalah  dokumen yang memberikan gambaran mengenai pengalaman sesorang dan kualifikasi lainnya. (wikipedia)  Nah, jadi CV adalah gambaran tentang diri kita mulai dari identitas pribadi, hobi, pengalaman, pendidikan , dsb yang akan dituangkan ke dalam dokumen. jadi, intinya CV adalah promosi diri anda yang akan diunjukkan kepada HRD sebelum mengenalmu lebih jauh saat interview. Jadi, apakah CV itu penting? Ya, sudah jelas, karena dia yang akan mewakili dirimu untuk bertemu si HRD terlebih dahulu. Jadi, bagaiamankah kriteria CV yang baik?

HRD ternyata punya aspek-aspek mendasar yang seharusnya diterapkan oleh pelamar dalam menyusun CV. Apa saja itu? 

1. Data Pribadi. 

Data pribadi mencakup identitas pribadi antara lain ; nama lengkap, tanggal lahir, alamat dan nomor telpon.

2. Deksripsi Diri

Ini adalah point penting yang sering terlewatkan. Point ini adalah kesempatan yang baik bagi calon pelamar untuk mempromosikan dirinya. Gunakan kata ganti orang pertama dan hindarilah salah eja penulisan. Tuliskan secara ringkas dan maksimal terdiri dari 200 karakter (karakter bukan kata).

3. Pendidikan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun