KH. Dewantara membedakan kata pendidikan dan pengajaran. Pendidikan adalah tuntunan terhadap segala kodrat yang dimiliki oleh anak agar ia mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya.Â
Pendidikan juga berorientasi kepada anak, sehingga KHD memiliki keyakinan bahwa untuk menciptakan manusia Indonesia yang beradab maka pendidikan menjadi salah satu kunci utama untuk mencapainya dengan "merdeka belajar".
Pendidikan yang mengarah pada "merdeka belajar" Juga mengacu pada 7 profil pelajar pancasila yaitu perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar hayat yang memiliki kompetensi global dan berprilaku sesuai dengan nilai nilai-nilai pancasila, dengan ciri utama : beriman, bertaqwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, berkebinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.
1. Apa yang saya percaya tentang murid dan pembelajaran di kelas sebelum belajar modul 1.1?
- siswa saya anggap tidak mengetahui apa-apa, dan siswa saya anggap belajar, belajar, belajar tanpa adanya bermain.
- siswa dituntut menjadi pintar dan mendapatkan nilai yang tinggi
- guru sebagai pusat perhatian.
2. Apa yang berubah dari pemikiran atau perilaku saya setelah mempelajari modul ini?
- guru adalah menuntun dan sebagai pamong
- pembelajaran berpusat pada murid
- anak anak mempunyai kemerdekaan (sesuai minat dan bakat)
3. Apa yang bisa segera saya gunakan agar lebih baik agar kelas saya memikirkan pemikiran KHD?
- ing ngarso sungguh tulodo
-ing madya mangun karso,
- tur wuri handayani.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H