Mohon tunggu...
lilo marcelinus
lilo marcelinus Mohon Tunggu... Guru - Un Solo Dios Basta

Selamat

Selanjutnya

Tutup

Love

"Kasih"

29 April 2021   07:01 Diperbarui: 29 April 2021   07:04 265
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Love. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Prostooleh

REFLEKSI PRIBADI TENTANG 

"KASIH"

Oleh Fr. Marselinus Lilo, MSC.

Kasih Tuhan untuk semua orang

"Tuhan begitu mencintai dunia sehingga Dia memberikan Anak-Nya satu-satunya sehingga tidak ada orang yang percaya kepada-Nya binasa, tetapi dapat memiliki hidup yang kekal" (Yoh. 3: 16-18). Kita semua pernah mengalami cinta dalam satu atau lain cara sepanjang hidup kita. Cinta orang tua, saudara dan teman kita. Dan saat kita merasa dicintai dan kita mencintai, hati kita meluap dengan sukacita. Berapa banyak hal yang tidak bisa kita katakan tentang cinta manusia? Tapi apa yang bisa kita katakan tentang cinta Tuhan? Mencintai dan dicintai adalah hal terindah yang dapat terjadi pada kita, tetapi merasa dan percaya kepada kasih Tuhan tidak ada bandingannya. Tuhan mencintai kita dengan cinta tanpa syarat, Dia tidak mencintai kita karena kita baik, Dia mencintai kita dengan cinta yang murni, cinta yang hanya diterima dan diterima, cinta selamanya, penyayang dan penyayang, tidak diperhitungkan dosa-dosa kita lagi sehingga Dia mengampuni kita dan menyambut kita.

Dalam perjalanan saya dengan cara-cara Tuhan ini, saya dapat menghargai dan merasakan kasih-Nya yang besar dalam segala hal yang mengelilingi saya, karena Dia telah menciptakan segalanya untuk saya; Dia telah menembus hati saya dan saya telah menerimanya dan di atas segalanya saya menyerahkan hidup saya di tangan-Nya sehingga Dia dapat mengarahkan langkah saya dan komunitas saya. Saya selalu membiarkan cinta tanpa batas bertindak dalam diri saya, sehingga dengan cara yang sama saya dapat bersesuaian dengan-Nya, mencintai saudara-saudara saya. Melalui hidup membiara telah menjadi pintu gerbang dalam hidup saya untuk pertemuan pribadi dengan Tuhanku Yesus. Saya belajar bahwa cinta-Nya bersifat universal, bahwa siapa pun yang tidak mencintai tidak mengenal Tuhan karena Tuhan adalah cinta dan cinta tanpa syarat adalah orang yang tidak menetapkan syarat untuk cinta, bahwa tidak peduli betapa pentingnya kita percaya diri dan seberapa siap kita, tanpa-Nya, Cinta itu tidak ada gunanya bagi kita.

Saya belajar untuk memaafkan, saya memahami esensi dari Bapa Kami, menyucikan nama Tuhan, menerima Dia sebagai Bapa saya, melakukan kehendak-Nya, mengasihi sesama saya seperti diri saya sendiri dan mengampuni mereka yang menyinggung perasaan saya, sama seperti Dia mengampuni saya.

Refleksi Indah tentang Kasih Tuhan  "Dan sekarang iman, harapan, kasih, ketiganya tetap ada ; tetapi yang terbesar di antara mereka adalah kasih" 1 Korintus 13:13. Kita tahu bahwa tanpa iman tidak mungkin menyenangkan Tuhan, bahkan tanpa iman tidak akan ada agama Kristen atau agama lain. Betapa pentingnya bagi kita untuk memiliki tingkat iman kepada Tuhan seperti yang dimiliki oleh para pengikut pertama-Nya, atau banyak dari banyak pengikut saat ini, yang melalui pergumulan yang luar biasa tampaknya menjadi lebih kuat dari sebelumnya, dan terlihat mengenakan nilai yang diberikan iman kepada mereka.  Karunia iman itu terkait erat dengan harapan. Dia membantu kita terus maju saat kita menghadapi masa-masa sulit. Harapan adalah pengharapan bahwa kita akan mendapatkan sesuatu yang spesifik, sesuatu yang kita inginkan, atau yang sangat kita butuhkan. Sulit bagi saya untuk membayangkan seperti apa hidup tanpa harapan itu, pasti kita akan menyerah dengan sangat mudah, kita akan hidup seperti kalah sebelum kalah dalam pertempuran. Harapan dapat dilihat di rumah sakit di antara orang sakit, menyemangati mereka, memberi mereka kekuatan, harapan ada dengan seorang ibu tunggal yang memimpikan masa depan yang lebih baik untuk anak-anaknya. Mereka bisa menyerah jika bukan karena harapan, tetapi mereka merasa bahwa pada titik tertentu mereka akan mendapatkan apa yang mereka harapkan. Harapan itu adalah anugerah dari Tuhan yang mendorong kita untuk tidak menurunkan tangan kita karena kemenangan adalah fakta di pihaknya. Betapa sedihnya menjalani hidup tanpa iman dan tanpa harapan, secara pribadi saya tidak ingin menghabiskan satu hari pun di dunia ini tanpa mereka, saya berdoa kepada Tuhan agar saya tidak pernah merindukan mereka. Namun sehebat dan sepenting mereka, mereka pucat dibandingkan dengan kasih. Alkitab mengajar kita bahwa kasih lebih besar dari pada iman dan harapan, Alkitab memberi tahu kita bahwa meskipun keduanya sangat penting, kasih jauh lebih penting. Tapi .. apa yang dilakukan kasih menjadi begitu istimewa, pertama-tama, cinta adalah apa yang memotivasi Bapa untuk mengirim Putra satu-satunya untuk mati bagi kita, dan apa yang mendorong Yesus untuk meninggalkan takhta-Nya di antara para malaikat dan datang ke dunia ini untuk membimbing kita menuju keselamatan. Tanpa kasih tidak akan ada pengampunan atas dosa-dosa kita. Tanpa kasih- didorong penebusan, tidak akan ada iman atau harapan yang ada. Untuk ini, dan hanya untuk ini, tidak ada yang lebih istimewa atau lebih besar dari kasih. Dan itu adalah fondasi untuk semua hal penting dalam hidup kita.

Cinta Tuhan

Apa sebenarnya cinta Tuhan itu? Apakah ini sekadar sikap kasih sayang dan kehangatan? Alkitab punya jawaban yang mungkin mengejutkan kita! Alkitab terus-menerus memberi tahu kita tentang pentingnya kasih dalam hidup kita. Faktanya, 1 Yohanes 4:16 bahkan mengatakan kepada kita bahwa "Tuhan adalah kasih." Lebih jauh, Kitab Suci juga menasihati kita untuk mencari kesempurnaan kasih Tuhan dalam hidup kita. Tapi apakah sebenarnya kasih Tuhan itu? Dan bagaimana itu berkembang? Apakah benar-benar mungkin untuk mencintai seperti yang Tuhan lakukan? Beberapa orang menggambarkan jenis cinta ini sebagai "cinta altruistik". Tapi apakah cinta altruistik adalah cinta Tuhan? Dari mana asalnya cinta ilahi? Cinta adalah perasaan manusia yang eksklusif yang tidak dapat direduksi menjadi produk evolusi; melainkan, itu adalah sesuatu yang datang langsung dari Pencipta kita. Seperti yang kita baca di Kejadian 1:26, Tuhan menciptakan manusia menurut gambar dan rupa-Nya. Dan karena kita memiliki kapasitas untuk mencintai dan diciptakan menurut gambar Allah, siapa lagi selain Dia yang dapat menjadi sumber cinta? Yesus Kristus, ketika Dia datang ke dunia sebagai Tuhan dalam daging, meninggalkan kepada kita teladan sempurna dari kasih Tuhan. Sehari sebelum pencambukan yang menyakitkan dan kematian-Nya di kayu salib, Kristus menggambarkan kasih terbesar yang dapat diungkapkan oleh manusia dengan mengatakan, "Tidak ada kasih yang lebih besar dari pada kasih ini, bahwa seseorang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya" (Yohanes 15:13 ).

Besarnya kasih Tuhan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Love Selengkapnya
Lihat Love Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun