Mohon tunggu...
antiLilis Suryanti Suryanti
antiLilis Suryanti Suryanti Mohon Tunggu... -

Tinggal dikota bekasi,sejak 2011.Alhmdulillah,nyaman tinggal dibekasi timur.Meski mungkin,bekasi belum tentu ada pada atlas/peta dunia -:)

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Kaleidoskop Kecilku….Bermuara di TWC 4

27 Desember 2014   05:48 Diperbarui: 17 Juni 2015   14:23 27
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

KALEIDOSKOPKECILKU….bermuara di TWC 4

Tahun 2014,tahun belajar untuk saya,

Awal-awal tahun 2014 dibulan februari ,pertama kali saya mengikuti pelatihan menulis PTK yang digagas oleh om jay (bapak wijaya kusuma)

Waktu itu motivasi untuk menulis dari DR.Nusa putra dan pak dedy dwitagama sangat mengena.juga motivasi dari om jay.Khusus buat om jay,penulis ini,subhanalllah…inspiratif,senang berbagi.

Sebelum kenal om jay,sudah mengenal dulu bukunya,belipertama saat mengikuti kegiatan seminar di universitas Surya ,milik Prof.yohanes surya,pakar fisika indonesia.Tak disangka! Sebulan kemudian bisa bertemu dengan penulisnya, bisa mengikuti kegiatan pelatihan penulisan PTK yang salah satu pembicaranya adalah om jay .

Bulan-bulan selanjutnya,di Sekolah muhamadiyah(pak namink AB),dijakpus smk 27,kemudian diakhir tahun ini ,saya tutup tahun belajar menulis saya dengan mengikuti Teacher writing camp 4.

Terbersit rasa malu,saya semangat ikut pelatihan,tapi tak satupun artikel yang saya buat,ibarat pohon belum berbuah/memiliki manfaat.Semangat saya turun naik,kadang sayapun bingung,harus mulai dari mana, dan apa yang harus saya tulis. Sepulang pelatihan,sampai rumah kembali kerutinitas sehari-hari dan mengerjakan tugas –tugas lain yang juga rutinitas disekolah,semangat menulis kembali menguap dan timbul kembali jika ada pelatihan lagi,kebiasaan saya yang tidak pandai membagi waktu dan belum bisa fokus ,itulah sebenarnya yang menjadi penghambat .Saya berfikir,saya harus keluar dari lingkaran yang saya putar-putari sendiri…orang bilang mungkin harus action,bukan hanya angan dan hayalan,mewujudkan mimpi yang belum ditapaki,agar terwujud.

Teringat lagunya nidji di laskar pelangi……

mimpi adalah kunci

untuk kita menaklukkan dunia



berlarilah tanpa lelah

sampai engkau meraihnya

Akhir tahun 2014,dibulan desember ,2 pelatihan saya ikuti,salah satunya Teacher writing camp 4 yang dialksanakan selama 3 hari 2 malam diwisma UNJ.

Jum’at pagi,setelah registrasi dan mendapatkan kamar untuk menginap seluruh peserta,berkumpul diaula lantai 3.Untuk menggali ilmu dari pembicara-pembicara yang berkompeten dibidangnya.

Cak imam suwandi,produser dimetro tv,pemberi materi awal tentang citizen journalism,membuka pengetahuan,bahwa apapun profesi anda,anda dapat menjadi wartawan lepas,wartawan diera digital yang dapat mengirimkan berita kapanpun dan dimanapun,bahkan sampaipelosok-pelosok tempat yang bahkan dipeta/atlas pun tak terlihat,dengan memaksimalkan handphone dan internet.

Dilanjut dengan emak-emak bloger.mbak meti mediya dan mbak susi sukaesih,kartini-kartini masa kini,yang dengan ketekunan nya ngeblog,mengantarkan mbak met menjadi konsultan dunia anak,penulis,pembicara internet sehat dan mbak susi yang masih sangat muda dan cerdas,telah dapat membuat sekolah wirausaha ITACO untuk anak-anak putus sekolah,mendapat penghargaan,pemenang lomba dan bimbingan dari CEO bank mandiri untuk pengembangan wirausaha.

Panitia sangat sabar membimbing dan giat membangkitkan semangat para peserta,banjir hadiah untuk motivasi menulis artikel,dan menu makanan yang bebas memilih (lokasinya juga asyik punya…kita perlu perjuangan untuk mendapatkan makan,dari lantai 3 kita turun kebawah,kemudian jalan menyebrangi ,jalan raya dengan menaiki jembatan penyebaran,turun kembali…ada rumah makan dengan kuliner soto yang makyus banget -J,selesai makan kita harus kembali dengan 2 kali menaikdan menuruni tangga….ide panitia mungkin,menghindari para peserta bertambah berat badannya selama mengikuti pelatihan,hehe)

Mengikuti TWC ini sangat menginspirasi saya untuk mau menulis,belajar dari mba maria yang rajin menulis dikompasiana,menulislah apa yang bisa ditulis,saat ideitu muncul ,tuliskan dan publikasikan.Jangan takut salah/takut dibilang jelek.

Pemateri yang lain adalah pak iskandar zulkarnaen,admin kompasiana,pak tahmrin sonata yang menjelaskan bagaimana cara menerbitkan buku dan pak sukani (entah mengapa,saat saya melihat pak sukani,seperti saya melihat dan bertemu pak jokowi…-J),memberikantips-tips menulis,mulailah dari hal yang paling kita gemari.Begitu pula dengan,bapak Namink AB,diusia nya yang masih 30th telah menjadi kepala sekolah,blogger,pembicara,penulis buku yang memiliki misi yang tersirat agar guru-guru meningkatkan profesionalisme keguruannya dengan banyak membaca dan menulis.Virus menuliskan beliau tularkan dengan memberikan pelatihan gratis,guru ngeblog keseluruh Indonesia bersama om jay.

Semoga tahun ini,banyak hal yang member arti,saya awali tahun 2014 dengan menuntut ilmu,saya tutup tahun dengan menuntut ilmu,semoga Allah memudahkan bagi saya ditahun 2015 untuk tetap menuntut ilmu dan dapat beramal,baikmelalui tulisan atau sebagian royalty jika kelak dapat membuat buku.Amin.(berharap.com)-J

Terima kasih untuk seluruh pembicara dan panitia….

♫Jasamu..…tiada…..tara….♫ -:)

*Kaleidoskop : aneka peristiwa yg telah terjadi yg disajikan secara singkat

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun