JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN
MODUL 3.2. PEMIMPIN DALAM PENGELOLAAN SUMBER DAYA (Bagian 1)
Â
Lilis Maryati, S.H., S.Pd
CGP Angkatan 7 Kota Cimahi
Pada kesempatan kali ini saya akan merefleksi dengan menggunakan model refleksi "What?". Model ini diadaptasi dari refleksi yang digunakan pada praktik klinis (Driscoll & The, 2001).
- WHAT (deskripsi dari peristiwa yang terjadi)
Di awal modul ini tersaji beberapa pertanyaan pemantik pada bagian mulai dari diri. Dimana kita diajak untuk dapat menemukan sumber daya yang ada di sekolah, cara pengelolaan dan pemanfaatannya. Dilanjutkan dengan kegiatan eksplorasi konsep, di dalamnya tersaji materi dalam bentuk artikel dan video. Seperti biasa, pada setiap bagiannya kami diharuskan untuk memberikan komentar berupa pertanyaan, jawaban atas pertanyaan, atau pun berupa catatatan.Â
MAteri yang kami dapatkan adalah mengenai sekolah sebagai ekosistem, pendekatan berbasis kekurangan dan pendekatan berbasis asset, pendekatan ABCD (Asset Based Community Development), karakteristik komunitas yang sehat dan resilien, 7 modal asset di sekolah, dan berbagi pengalaman rapat yang pernah terjadi serta pengalaman dalam mendiskusikan murid. Di bagian akhir terdapat diskusi antar peserta untuk membahas mengenai materi yang telah dipelajari.
Kegiatan berikutnya adalah ruang kolaborasi. Kami tergabung dalam suatu kelompok yang terdiri atas 5 orang dengan latar daerah yang sama. Kami menginventarisir 7 modal utama (modal manusia, modal sosial, modal fisik, modal politik, modal agama dan budaya, modal lingkungan alam, dan modal finansial) yang ada di daerah kami, dan bagaimana modal tersebut dapat dimanfaatkan untuk menunjang pendidikan. Hasil diskusi dalam ruang kolaborasi itu kami sampaikan dalam bentuk poster untuk kemudian disebarkan di media sosial untuk mendapatkan umpan balik.
- SO WHAT? (Analisis dari peristiwa yang terjadi)
Kegiatan belajar kali ini menarik karena dalam kelompok kami, terdapat guru-guru yang merupakan penduduk dari luar Kota Cimahi. Sehingga dengan adanya kegiatan ini menambah pengetahuan mengenai Kota Cimahi. Selain itu, yang saya rasakan adalah perubahan cara pandang kita sebagai seorang pemimpin dalam pengelolaan sumber daya khususnya dalam upaya pemanfaatannya untuk mendukung dan meningkatkan kualitas pembelajaran murid. Setelah sebelumnya pada modul 1.3. hal ini pernah diulas, namun kali ini saya mendapatkan pemahaman yang lebih lagi.
- NOW WHAT? (tindak lanjut dari peristiwa yang terjadi)
Yang akan saya lakukan selanjutnya adalah melakukan sosialisasi dengan warga sekolah mengenai materi ini. Kemudian mempraktikannya dalam lingkungan sekolah. Termasuk dalam kegiatan rapat sekolah, Dengan adanya keselarasan dalam cara pandang di antara semua warga sekolah, maka sekolah dapat lebih berkembang lebih baik lagi.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H