Mohon tunggu...
lilik apriani
lilik apriani Mohon Tunggu... -

saya ingin bahagia

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Evaluasi Penilaian yang Digunakan Guru

11 April 2015   08:02 Diperbarui: 17 Juni 2015   08:16 86
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Penilaian merupakan salah satu agendang yang sangat penting di dalam proses pembelajaran dikelas. alasanya melalui penilaian yang dibuat secara teratur dan tersusun guru bisa tau sejauh mana kemampuan yang di miliki oleh siwanya.

Penilaian juga menghitungkan waktu pembelajaran dikelasmisanya langkah-langkahnya : do’a pembukaan, pengecekan persiapan kelas, kegiatan inti, evaluasi refleksi, rangkuman, penilain dan doa penutup.

Proses penilaian di dalam kelas yang dilakukan oleh pendidik dikenal dengan istilah penilaian kelas. peserta didik harus dinilai dengan prosedur-prosedur yang telah ditetapkan sesuai dengan jenis evaluais yang digunakan.

Macam-macam penilaian yang di gunakan guru antara lain :

Penilaian nonessai.

a.Ka aktifan siswa.

Di dalam belajar siswa di tekankan untuk bisa aktif agar kita bisa tau apakah siswa itu mengerti atau tidak. keaktifan yang yang meliputi :

·Kemapuan bertanya dan menjawab.

oDi sini di tekankan bahwa siswa harus aktif bertanya maupun menjawab segala sesuatu yang ditanyaai , baik ditanya oleh guru maupun teman

·Kemapuan reaktif.

·Partisifasi dalam diskusi kelas.

·Pengetahuanyang meliputi :

·Kemapuan menjawab pertanyaan secara tepat dan benar.

oKemampuan ini ditekankan bahwa siswa harus bisa menjawab pertanya dengan baik dan benar, dengan menjawab menjawab pertanyaan denga benar kita siswa harus mempunyai pengetahuan yang luas dengan cara banyak-banyak membaca.

·Kemapuan belajar dan mengerjakan PR .

oSelain siswa harus belajar dengan giat dan di tekankan harus menjawab segala pertanya yang di lontarkan baik oleh guru maupun tempanya, siswa juga harus bisa menyelesaikan perkerjaan rumahnya dengan baik.

·Kemapuan menganalisi dan menemukan hal-hal baru.

oSiswa juga harus bisa menganalisis segala permasahan dan mencari solusi dari permasalahanya.

·Keterampilan.

oSiswa di tekankan mengasah segala keterampilan yang di milikinya dengan baik dan sempurna.

·Kemapuan menganalisi masalah

·Kemampuan mengelola diskusi kelas

·Dapat mengorganisasi diskusi kelas.

·Sikap

·Harus mempunyai sikap baik baik itu cara berbicara, berpakian dan bertingkah laku harus baik, baik dan sopan dengan guru maupun teman-teman sebaya. Dengan mempunyai sikap yang baik akan membantu juga nilai belajar siswa.

Penilaian proses essai

yang meliputi soal-soal yang dibuat oleh guru untuk di ujikan di kelas secara tertulis, kemudian dikumpulkan kemudian di periksa. Inilah penilain yang selama ini di lakukan oleh semua guru penilai ini merupakan penilaian yang sangat penting.

Penilaian dengan ulangan lisan yang mana murid di tes sejauh mana kemapuan dalam mendalami suatu ilmu yang di berikan oleh gurunya ini juga merupan penilaian yang sangat penting bagi siswa.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun