Definisi Budaya Organisasi
      Budaya organisasi adalah apa yang para karyawan rasakan dan bagaimana perpesi ini menciptakan suatu pol keyakinan, nilai dan ekspektasi. Budaya organisasi menunjukan suatu sistem bersama yang dimiliki olah anggota yang membedakan organisasi dari organisasi lainnya.
Budaya organisasi ini didasarkan pada suatu konsep bangunan tiga tingkat
- Tingkatan asumsi dasar (basic assumption)
- Tingkatan nilai (value)
- Tingkatan artifact yaitu sesuatu yang ditinggalkan.
Pentingnya Budaya Organisasi
Setiap organisasi mengembangkan sistem nilai yang mengatur cara perilaku dan tingdakan orang-orang yang ada didalamnya. Sistem nilai inilah yang dinamakan sebagai budaya organisasi. Setiap perusahaan memiliki budaya khas sendiri yang membedakannya dari perusahaan lainnya. Â Kuat atau lemahnya budaya organisasi dalam suatu perusahaan tergantung pada sejauh mana nilai-nilai inti yang dikembangkan itu memiliki secara dalam dan luas oleh karyawan-karyawannya. Semakin banyak karyawan menerima nilai-nilai inti organisasinya dan semakin besar komitmen mereka terhadap nilai-nilai tersebut berarti semkain kuat budayanya.
Karakteristik Budaya Organisasi
      para pakar mengemukakan ada beberapa dari karakteristik budaya organisasi secara berbeda-beda namun ada diantaranya kemiripan. budaya organisasi sebagai sistem nilai yang dianut dan dimiliki secara bersama diantaranya :
- Inovasi dan pengambilan resiko, sejauh mana para karyawan didorong agar inovatif dan mengambil resiko.
- perhatian terhadap detail, sejauh mana para karyawan diharapkan memperlihatkan presisi (kecermatan), analisis dan perhatian terhadap setiap detail.
- Orientasi hasil, sejauh mana manajemen memusatkan perhatian pada hasil bukanya pada teknik dan proses yang digunakan untuk mencapai hasil.
- Orientasi orang, sejauh mana keputusan manajemen memperhitungkan dampak hasil-hasil pada orang dalam organisasi itu.
- Orientasi tim, sejauh mana kegiatan kerja diorganisasikan bedasarkan tim, bukannya berdasrkan individu.
- Keagresifan, sejauh mana orang –orang itu ogresif dan kompetitif dan bukannya santai-santai.
- Kemantapan, Sejauh mana kegiatan organisasi menekankan dipertahankannya.
Jenis Budaya OrganisasiÂ
Budaya organisasi yang ditinju dri tingkat pemikiran nilai-nilai dapat dibedakan sebagai berikut :
- Dominant Culture (budaya dominan) adalah seperangkat nilai inti yang dimiliki oleh sebagian besar anggota organisasi.
- Subculture (subkultur) adalah seperngkat nilai yng dimiliki oleh minoritas, biasanya merupakan minoritas kecil, dari anggota organisasi. biasanya juga merupakan hasil dari masalah atau pengalaman yang dimiliki olah anggota depertemen atau unit.
oleh
Lili Gustina     Â