Menurut Mark Deuze (2004) dalam jurnalnya yang berjudul What is Multimedia Journalism. Membahas tentang definisi dari multimedia. Jurnalisme multimedia secara pragmatis memiliki definisi kontemporer jurnalisme multimedia. Terdapat dua cara untuk mendefinisikan multimedia dalam jurnalisme, yaitu:Â
a.Pertama, sebagai penyajian paket berita di situs web menggunakan dua atau lebih banyak format media (namun tidak terbatas) berupa kata-kata yang diucapkan dan ditulis, musik, gambar bergerak dan gambar diam, animasi grafis, termasuk elemen interaktif dan hipertekstual.Â
b.Kedua, sebagai penyajian paket berita yang terintegrasi melalui media yang berbeda, seperti situs web, newsgroup Usenet, email, SMS, MMS, radio, televisi, teleteks, surat kabar dan majalahÂ
Peneliti Eropa dari Mudia1- project mengidentifikasi tiga langkah menuju titik akhir yang dijumlahkan dari yang terintegrasi sepenuhnya ruang berita multimedia sebagai berbagai "derajat" dari konvergensi (Aquino et al., 2002).Â
Sedangkan sekelompok cendekiawan AS menciptakan lima fase menuju konvergensi penuh (Harian et al., 2003). Didefinisikan sebagai "konvergensi kontinum" yang mengasumsikan bahwa lebih cepat atau nanti semua organisasi media bergerak menuju pada tahap di mana integrasi bagian-bagian yang berbeda dari proses pembuatan berita (termasuk audio, video, teks, gambar, grafik; tetapi juga pemasaran, promosi silang, penjualan, redistribusi dan aktivitas antar dengan publik) tercapai.Â
Model seperti itu cenderung mengabaikan bahwa konvergensi. Konvergensi umumnya terlihat dalam hal kerjasama dan kolaborasi antara ruang berita media yang sebelumnya berbeda dan bagian lain dari perusahaan media modern. Operasi berita multimedia sering dimulai dengan gabungan situs web, di beberapa titik bercabang ke jenis pertukaran lainnya.Â
Dengan internasionalisasi dan perluasan global industri dan pasar media, kepemilikan silang media dimungkinkan oleh peningkatan deregulasi di sebagian besar negara di dunia, dan perkembangan perusahaan multinasional perusahaan media, sebagian besar penulis mengharapkan munculnya multimedia konvergen penuh jurnalisme di beberapa titik dalam waktu dekat.Â
Menurut Tay Vaughan (2011) dalam bukunya yang berjudul Multimedia: Making It Work. Dikatakan bahwa multimedia adalah kombinasi teks, seni, suara, animasi, dan video yang dikirimkan kepada seseorang melalui komputer atau sarana elektronik atau digital lainnya yang dimanipulasi. Dalam waktu bersamaan Anda akan merasakan elemen sensual multimedia berupa gambar dan animasi yang memukau, suara yang menarik, klip video yang menarik, dan informasi tekstual.
Sebuah proyek multimedia tidak perlu interaktif untuk disebut multimedia: pengguna dapat duduk dan menontonnya seperti mereka menonton film atau televisi. Dalam kasus seperti itu, sebuah proyek bersifat linier, atau dimulai dari awal dan berjalan sampai akhir. Ketika pengguna diberikan kontrol navigasi dan dapat menjelajahi konten sesuka hati, multimedia menjadi nonlinier dan interaktif pengguna, dan merupakan pintu gerbang pribadi yang kuat ke informasi.