Dalam sebuah organisasi(perusahaan) pasti ada perubahan-perubahan, baik itu disengaja maupun tidak. Tujuan perubahan perusahaan yang dilakukan dengan sengaja bertujuan tidaklain untuk memajukan organisasi tersebut. Ada 2 jenis faktor yang mempengaruhi sebuah organisasi untuk berubah yang pertama adalah faktor internal meliputi;tujuan, strategi, kebijakan organisasi, yang kedua faktor eksternal meliputi; pendidikan, ekonomi, sosial, hukum dan sumber alam.
Menangani sebuah organisasi tidak boleh sembarangan umumnya sebuah organisasi mengunakan pendekatan dan teori-teori tertentu untuk menangani perubahan organisasi.
1.Teori Six Sigma
Teori ini berfokus pada pengendalian kualitas dengan mendalami sistem produksi perusahaan secara keseluruhan.
2.Pendekatan Proses Perbaikan
Reaktif
Melaksanakan modifikasi sedikit demi sedikit untuk menangani masalah tertentu yang timbul dalam sebuah organisasi
Proaktif
Melakukan berbagai investasi waktu dan sumberdaya lainnya yang berarti untuk menguibah cara-cara operasi organisasi.
3.Reorganizating dan Perampingan
Mengatur sistem-sistem yang telah ada dan lebih merampingkanya ke dalam sistem yang lebih sederhana sehingga tericiptanya efisiensi kerja.
Semua perubahan yang ada dalam organisasi pastinya akan memunculkan berbagai reaksi ada rasa kekhawatiran, ketidakpastian, kesalahpahaman, ketidaknyamanan, dan pastinya aka nada penolakan-penolakan yang muncul. Perubahan-perubahan yang dibuat oleh suatu organisasi seperti yang sudah dijelaskan di atas semata-mata bertujuan untuk memajukan organisasi tersebut dan membuatnya semakin berkembang. Setiap organisasi pastinya akan melakukan pengembangan dengan berbagai teknik dan cara, pengembangan merupakan suatu proses yang meliputi serangkaian perencanaan yang dilakukan secara terus-menerus oleh suatu organisasi. Selain untuk memajukan sebuah organisasi, engemmbangan dilakukan karena ada beberapa faktor yaitu, kompetisi yang semakin tajam antar organisasi, perkembangan IPTEK, perubahan lingkungan, struktur dalam organisasi, sistem dalam organisasi, perlengkapan dan fasilitas. Pengembangan sebuah organisasi harus dilakukan secara efektif. Ciri-ciri pengembangan yang efektif yaitu menekankan cara-cara baru yang diperlukan dalam proses meningkatkan organisasi, merupakan strategi terencana dan memiliki sasaran yang jelas, merupakan kolaborasi dari berbagai pihak.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H