Dalam kegiatan KKN Tematik UPI mengenai penanggulan covid-19 pada tahun ini tentang seberapa pentingnya sumber belajar sebagai media pembelajaran pada era pandemi ini. Seperti yang diketahui bahwa pada masa pandemi ini semua kegiatan harus dilakukan dari rumah, salah satunya pada bidang pendidikan yang di mana pembelajaran yang disampaikan kepada peserta didik harus dari rumah. Maka dalam artikel kali ini, penulis ingin menyampaikan pentingnya penggunaan, pemanfaat dan sumber belajar apa yang bisa dimanfaatkan sebagai media pembelajaran.
Pembelajaran daring adalah pembelajaran yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan yang peserta didik dan gurunya berada pada lokasi terpisah (jarak jauh), sehingga dalam pelaksanaan pembelajaran daring dibutuhkan sistem telekomunikasi interaktif untuk menghubungkan peserta didik dengan guru. (Pohan, 2020)Adiasti, 2021)
Sumber belajar merupakan segala sesuatu yang mendukung terjadinya proses belajar, termasuk sistem pelayanan, bahan pembelajaran, dan lingkungan yang dapat digunakan baik secara terpisah maupun terkombinasi, sehingga mempermudah anak didik dalam mencapai tujuan belajar atau kompetensi yang harus dicapainya.
Media pembelajaran adalah Berbagai jenis sumber daya dan komponen dalam lingkungan sekolah yang dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran, khususnya untuk mendorong dan memelihara siswa untuk belajar lebih aktif dan produktif.
Menurut Octavia (2020) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, guru harus dapat menyajikan informasi dengan menarik, informasi disampaikan dengan teknik yang baru, dengan kemasan yang bagus didukung oleh alat-alat berupa sarana atau media yang belum pernah dikenal oleh siswa sebelumnya ataupun yang dekat dengan siswa namun belum dimanfaatkan untuk belajar sehingga menarik perhatian siswa. (Adiasti, 2021)
Salah satu pelayanan yang dapat menunjang sumber belajar sebagai media pembelajaran dalam pelaksanaan kegiatan proses pembelajaran yaitu dengan adanya sebuah perpustakaan. Perpustakaan merupakan sebuah tempat untuk menyimpan, mengelola dan mengatur koleksi bahan pustaka secara sistematis untuk digunakan pemakainya sebagai sumber informasi (Meilina Bustari, 2000:2).
Teknologi saat ini semakin maju bahkan sangat berpengaruh pada dunia, di zaman sekarang banyak perpustakaan yang berkembang sehingga membuat pelayanan perpustakaan digital agar masyarakat dapat menggunakan perpustakaan dimanapun dan kapanpun.
Perpustakaan digital dapat diartikan sebagai perpustakaan yang memiliki tugas dan fungsi pada umumnya, hanya saja hal yang membedakannya yaitu dalam aspek penerapan perpustakaan yang di mana dikemas secara teknologi dengan jaringan digital.
Seperti yang kita ketahui di masa pandemi ini semua orang tidak bisa beraktivitas dengan bebas, sehingga berpengaruh terhadap bidang lainnya seperti bidang ekonomi yang dapat dikatakan menurun, bidang lainnya yang berpengaruh besar juga terjadi di bidang pendidikan yang mengharuskan setiap siswa untuk belajar di rumah masing-masing dan guru dapat menyampaikan pembelajaran dengan baik secara online (daring) tanpa mengurangi jam pembelajaran yang berlangsung.
Tentu hal tersebut memberikan konflik atau permasalahan yang terjadi seperti halnya peserta didik yang diberikan tugas yang biasanya bisa menggunakan perpustakaan sebagai tempat yang dapat memfasilitasi setiap siswa, kini segalanya dapat dilakukan secara Online (daring).
Di mana perpustakaan yang dimaksud sebagai fasilitas dalam menunjang pendidikan dan pendidikan tersebut dapat dilakukan secara terbuka (bebas) dimanapun kita berada bisa mendapatkan informasi apapun, dimana pun sesuai dengan kebutuhan.