Mohon tunggu...
Lidya N
Lidya N Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiwa

Be happy!

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Geladi Hominisasi 6

7 April 2022   12:57 Diperbarui: 8 April 2022   07:22 45
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Salah satu geladi yang harus diikuti selama menjadi mahasiswa/i Universitas Katolik Parahyangan adalah geladi Hominisasi. Geladi Hominisasi dilaksanakan pada tanggal 3 April 2022 dari pukul 08.00 WIB sampai pukul 13.30 WIB. Sebelum mengikuti geladi Hominisasi terdapat tugas pra geladi, yaitu memilih dan menjelaskan bagian syair yang menarik pada lagu Indonesia Raya 3 Stanza. Pada hari h geladi, kegiatan diawali dengan pembukaan oleh MC dan doa bersama. Lalu dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 Stanza dan MARS UNPAR. Setelah itu, MC membacakan peraturan yang harus ditaati oleh seluruh peserta geladi. Setiap peserta sudah dibagi ke dalam 14 kelompok. Setiap peserta memasuki breakout room sesuai dengan kelompoknya untuk saling berkenalan. Setelah berkenalan, peserta geladi kembali ke main room untuk mendengarkan penjelasan tugas sesi pertama. Setelah itu, setiap peserta geladi kembali memasuki breakout room untuk mulai berdiskusi. Kelompok saya harus mempresentasikan materi tentang keberagaman dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Setelah selesai berdiskusi dan presentasi, geladi dilanjutkan dengan penjelasan tentang apa saja yang telah dilalui selama proses geladi Hominisasi. Lalu dilanjutkan dengan pengisian menti dan absensi. Setelah itu, seluruh peserta geladi menyanyikan lagu Mars UNPAR. Dan geladi ditutup dengan foto bersama dan doa penutup.

Dari mengikuti geladi Hominisasi, saya mendapatkan banyak sekali pengalaman, wawasan baru, dan manfaat. Saya lebih percaya diri untuk berkomunikasi dengan orang baru dan berani untuk mengutarakan pendapat. Saya menjadi mengenal satu sama lain dalam kelompok sehingga dapat menghargai perbedaan yang ada. Saya juga mengetahui bagaimana cara presentasi yang baik, benar, dan menarik tanpa menggunakan PPT. Dari tema yang saya diskusikan dalam kelompok, keberagaman itu terdapat dalam berbagai aspek kehidupan manusia, tidak hanya dalam satu atau dua aspek saja sehingga harus saling menghargai dan menghormati keberagaman yang ada. 

Sebagai warga negara, menurut saya perlu kemampuan menggunakan logika dan bahasa karena dengan kemampuan tersebut saya dapat memberikan pengaruh yang positif dan dapat memajukan negara untuk kedepannya. Dengan kemampuan tersebut, saya menjadi dapat berpikir kritis, dapat membedakan mana hal yang baik dan mana yang buruk, serta dapat berkomunikasi dengan baik.

Kemampuan yang saya pelajari dalam geladi Hominisasi dan akan saya terapkan dalam perjalanan kuliah adalah kemampuan untuk mempresentasikan materi dengan menarik. Lalu, kemampuan untuk berani dan percaya diri berkomunikasi dan mengutarakan pendapat kepada orang-orang baru. Cara saya untuk meningkatkan kemampuan dalam berpikir dan berbahasa sebagai warga negara adalah dengan belajar untuk selalu berpikir kritis dan selalu menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

#unpar
#geladihominisasi
#universitaskatolikparahyangan
#ppilph
#lifeatunpar

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun