Mohon tunggu...
Lidya Fitrian
Lidya Fitrian Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Blogger

Blogger | Content Writer www.fitrian.net

Selanjutnya

Tutup

Foodie

Masak Tom Yum untuk Sahur Pakai Rice Cooker Miyako Praktis, Cepat dan Enak

7 April 2023   21:10 Diperbarui: 7 April 2023   21:12 2331
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Masak tom yam untuk sahur pakai Rice Cooker Miyako praktis, cepat dan enak makan sahur pun jadi lahap. Makan sahur di waktu dini hari di mana kita sedang nyenyak tidur pasti agak berat. Tapi bangun untuk sahur di bulan Ramadan bagi umat muslim hukumnya sunnah muakad yaitu lebih baik dikerjakan.

Menu makan sahur di keluarga kami itu biasanya yang simple saja dan porsi memasaknya pun tidak terlalu banyak supaya tidak mubazir. Kami lebih menyukai menu makan sahur berkuah agar lebih nikmat dan mudah dikonsumsi oleh keluarga terutama anak-anak.  Konsumsi Sayur berkuah juga bisa mengatasi dehidrasi ketika puasa selain tetap mengonsumsi air putih yang cukup tentunya.

Cara Praktis Masak Tom Yum untuk Sahur

Supaya praktis dan tidak membutuhkan waktu yang lama, untuk makan sahur dini hari tadi saya menyiapkan tom yum saja, dengan bahan-bahan yang sudah saya beli di pasar pagi hari. Biasanya saya membeli bahan-bahan satu set supaya lebih praktis lagi.

Sekitar jam 3 dini hari, saya bangun langsung mengolah tom yum yang masih mentah untuk dimasak di rice cooker. Selain praktis, masak menggunakan rice cooker juga sangat membantu aktivitas saya karena bisa sambil mengerjakan pekerjaan rumah lainnya seperti cuci piring, masak nasi maupun memasak menu tambahan.

Satu set Tom Yum kemasan terdiri dari aneka baso-basoan dan bumbu siap masak. Saya tinggal menyiapkan sayuran saja. Berhubung di lemari es ada sawi putih, saya tinggal menambahkannya saja ketika memasak. Untuk rasa yang lebih pedas biasanya saya juga menambahkan cabe rawit merah ke dalamnya.

Memang ada ya rice cooker yang bisa digunakan untuk memasak sayur?

Ada Rice Cooker Miyako Nanoal MCM 508 SBC yang bisa bantu para ibu dalam memasak, bukan hanya memasak nasi saja, tapi juga masakan lainnya termasuk menghangatkan dan mengukus makanan.

Doc Pri
Doc Pri

Tanpa berlama-lama, dini hari itu saya langsung menyiapkan Rice Cooker Miyako yang memiliki panci anti lengket sehingga mudah dalam memasak dan membersihkannya.

Cara memasak tom yam menggunakan rice cooker juga mudah kok. Saya tinggal memasak air sebagai kuah tom yum bersama bumbu ke dalam panci kemudian tekan tombol cook hingga air mendidih. Kemudian masukan baso-basoan sesuai selera dan sayuran ke dalamnya. Dalam waktu tidak lama tom yum pun siap dinikmati untuk makan sahur bersama keluarga. Senangnya melihat anak-anak lahap makan sahur dengan menu tom yum kesukaan mereka

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun