Mohon tunggu...
Lidyaya Wiji Astitiningtyas
Lidyaya Wiji Astitiningtyas Mohon Tunggu... Guru - Hidup harus maju jangan mundur kebelakang

Guru TK

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Identifikasi Gambar Mempermudah Anak Mengenal Huruf sebagai Panduan Membaca Lancar pada Anak TK Kelompok B

17 Juli 2021   13:26 Diperbarui: 17 Juli 2021   13:50 914
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi pribadi

Sebelum kita mengupas lebih jauh tentang metode identifikasi,perlu diketahui terlebih dahulu apakah pengertian dari Identifikasi. Identifikasi adalah suatu bentuk pengenalan benda dalam bentuk gambar yang dikenalkan nama /identititas benda itu sendiri,dengan tujuan anak mudah memahami gambar. Dalam melaksanakan metode identifikasi ini dilakukan melalui  beberapa pendekatan ( strategi ) yaitu : Identifikasi Huruf, Identifikasi Gambar dengan Tulisan, Identifikasi Tulisan dengan Tulisan,Menulis di udara, Pekerjaan menulis.

  • Identifikasi Huruf
  • Yaitu mengenalkan kepada anak tentang huruf – huruf melalui kartu huruf mulai dari A-Z. Namun pelaksanaanya dilakukan melalui permainan.,misalnya:
  • Penggunaan Stik huruf,yang sudah dibuat guru.

  • Identifikasi Gambar dengan Tulisan
  • Yaitu Pengenalan Gambar sekaligus dengan tulisan namanya,misalnya : Gambar sapi dibawahnya tertulis nama Sapi

  • Identifikasi Tulisan dengan Tulisan
  • Yaitu Menyamakan  tulisan yang dibawa oleh guru dengan tulisan yang dibawa oleh anak .
  • Pekerjaan Menulis di udara
  • Yaitu Anak mengingat kembali tulisan yang dipegangnya dan menulisnya di udara dengan mata terpejam.

  • Pekerjaan Menulis di buku/di Papan tulis
  • Yaitu Anak menuliskan kembali tulisan yang diingatnya ke bentuk nyata (buku/papan tulis)

  • Beberapa prinsip yang perlu diperhatikan seperti dalam buku Pedoman permainan Membaca dan menulis di Taman Kanak – Kanak (Depdiknas 2000:5)  Diantaranya :
  • Prinsip menggunakan tanda /symbol pengulangan
  • Mengulang tanda symbol (gambar) dan tulisan pada anak sehingga anak akan mengenal secara cermat antara gambar dan tulisannya.

  • Prinsip keluwesan
  • Guru seharusnya memperkenalkan pertama kali tulisan pada anak menggunakan symbol atau tanda yang dekat dengan anak. Anak biasanya terdorong mempelajari berbgai tulisan dalam bentuk symbol – symbol (gambar – gambar) yang mewakili tulisan,misalnya “KUDA” dengan gambar KUDA

  • Prinsip Pengungkapan
  • Anak berkesempatan untuk mengungkapkan berbagai pengalamannya berkaitan dengan berbagai jenis tulisan yang dibuatnya.

  • Prinsip Mencontoh
  • Pengulangan berbagai contoh tulisan atau kata dengan menggunakan konteks yang sama misalnya : kata “Susu” diulang dalam tulisan “Susu Sapi”,”adik minum Susu”

  • Prinsip Penguatan
  • Memberikan penghargaan atau pujian terhadap hasil tulis anak apapun bentuknya. Dengan memperhatikan teori perkembangan dan prinsip – prinsip pembelajaran membaca dan menulis.
  •         1. IDENTIFIKASI HURUF ( Dengan Kartu Huruf)
    • Guru mempersiapkan kartu huruf A-Z yang sudah disiapkan
    • Guru membagikan kartu huruf kepada masing- masing anak,dengan abjad yang berbeda.

    • Guru bertanya “Coba dilihat kartu huruf apa yang kalian pegang”?

    • 2. IDENTIFIKASI GAMBAR DENGAN TULISAN
    • Guru menunjukkan gambar “Sapi” didepan
    • Guru menanyakan tentang “ Sapi” (jumlah kaki,makanan dll)
    • Guru  bertanya “Siapa yang membawa huruf  Sapi”? langsung maju ke depan dengan cepat.
    • Guru memberikan pujian kepada anak tentang kepandaiannya dan keberaniannya

    • 3. IDENTIFIKASI TULISAN DENGAN TULISAN
    • Guru membagikan Kartu kata kepada masing – masing anak 4 kartu yaitu Kata “Sapi” Kuda, Makan, “Rumput”
    • Guru menunjukkan kartu kata yang tulisannya sama. “ Coba ambilkan kartu kata yang sama seperti bu guru “Sapi” anak- anak disuruh mencari tulisan yang sama pada kartu kata masing-masing.
    • Guru menyuruh anak mengangkat kartu kata yang diambilnya



    • 4. MENULIS DI UDARA
    • Guru menyuruh anak melihat kembali kartu kata yang dipegang misalnya : kata “Sapi”
    • Guru menyuruh anak untuk mengingat huruf tersebut
    • Guru menyuruh anak untuk menulis kembali di udara huruf yang diingatnya

    • 5.  PEKERJAAN MENULIS
    • Guru menyuruh siswa menulis kembali di buku/di papan tulis tulisan yang tadi diingatnya.

    • Berkaitan dengan kegiatan metode identifikasi ini,Piaget (1977) berpendapat : “Tahapan bermain simbolik pada anak usi TK memungkinkan anak menangkap symbol – symbol di lingkungannya. Permainan demi permainan diciptakan dan disertai unsur membaca dan menulis akan menjadi daya tarik sendiri dan akan dikuasai anak,penggunaan bahasa yang menarik menjadi pusat perhatian anak,sehingga kosa kata menjadi milik anak secara alamiah.

    • B.3   PROGRAM PEMBELAJARAN
    •                  Pada kesempatan ini kami menyampaikan hasil pelaksanaan pembelajaran membaca dan menulis menggunakan metode identifikasi gambar yang merupakan satu dari sekian banyak cara untuk menjembatani anak untuk lebih berhasil dalam proses mengembangkan kemampuan membaca dan menulis. Sebelum kegiatan dimulai yang perlu dipersiapkan alat peraga antara lain :
    • Stik huruf A-Z bisa dipegang anak /ditancapkan pada tempatnya
    • Spidol warna/alat-alat tulis untuk member geris bawah pada tulisan yang sama.
    • Tempat menempelkan gambar untuk memajang gambar  dan tulisan yang telah dibahas

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun