Pendidikan matematika di tingkat sekolah dasar menjadi salah satu pondasi penting dalam membentuk keterampilan berpikir logis dan analitis anak. Di SDN 8 Mataram, salah satu inovasi yang diterapkan untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam matematika adalah penggunaan papan numerasi yang terbuat dari kardus bekas. Papan numerasi ini digunakan dalam kegiatan pembelajaran matematika yang diadakan seminggu sekali, setiap hari Rabu, dengan tujuan untuk memperkuat kemampuan numerasi siswa, khususnya dalam mengerjakan soal-soal matematika dasar.Inovasi ini tidak hanya diterapkan oleh guru-guru di sekolah, tetapi juga didorong oleh kehadiran mahasiswa Program Kampus Mengajar Angkatan 8 yang berkolaborasi dengan pihak sekolah. Para mahasiswa ini memberikan dukungan tambahan dalam membuat pembelajaran matematika menjadi lebih interaktif dan menarik bagi siswa. Artikel ini akan membahas bagaimana papan numerasi kardus bekas diterapkan di SDN 8 Mataram, manfaatnya dalam meningkatkan kemampuan numerasi siswa, serta kontribusi dari Kampus Mengajar Angkatan 8 dalam merancang kegiatan pembelajaran yang kreatif dan efektif.
Apa Itu Papan Numerasi Kardus Bekas?
Papan numerasi yang digunakan di SDN 8 Mataram adalah papan sederhana yang terbuat dari kardus bekas. Setiap papan tersebut memuat angka dan simbol matematika yang dapat digunakan siswa untuk menjawab soal-soal numerasi yang diberikan. Soal-soal ini mencakup operasi dasar matematika seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian, yang diberikan kepada siswa seminggu sekali, setiap hari Rabu, sebelum pelajaran dimulai.Papan numerasi ini memiliki keunggulan karena selain mudah dibuat, juga ramah lingkungan dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan materi yang diajarkan. Setiap siswa diberikan papan numerasi individual yang dapat mereka gunakan untuk menuliskan jawaban atau menggambar angka sesuai dengan soal yang diberikan. Aktivitas ini tidak hanya mengajarkan konsep-konsep dasar matematika, tetapi juga mengasah kemampuan siswa untuk menyelesaikan soal-soal matematika dengan cara yang lebih konkret dan praktis.
Penerapan Papan Numerasi di SDN 8 Mataram
Di SDN 8 Mataram, papan numerasi dari kardus bekas digunakan dalam kegiatan pembelajaran matematika yang dilakukan setiap hari Rabu. Pada hari tersebut, setiap siswa diberikan soal-soal numerasi yang beragam, yang kemudian mereka jawab menggunakan papan numerasi. Soal-soal ini dirancang untuk menguji pemahaman siswa tentang konsep-konsep dasar seperti urutan angka, penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.Setelah soal diberikan, siswa diminta untuk menuliskan atau memindahkan angka di papan numerasi sesuai dengan soal yang ada. Mereka bisa menggeser angka atau menuliskan hasil operasi matematika pada papan tersebut. Aktivitas ini memberi kesempatan kepada siswa untuk lebih terlibat dalam pembelajaran secara langsung. Setelah selesai mengerjakan soal, beberapa siswa diberi kesempatan untuk membagikan jawabannya di depan kelas, yang juga memberi mereka latihan berbicara di depan umum dan memverifikasi hasil kerja mereka.
Kegiatan ini, yang hanya dilakukan seminggu sekali, memberikan kesempatan bagi siswa untuk berlatih secara fokus dan intens dalam mengerjakan soal-soal matematika dasar. Meskipun dilakukan sekali seminggu, dampaknya cukup besar dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa dan pemahaman mereka terhadap matematika.
Peran Kampus Mengajar Angkatan 8 dalam Pembelajaran
Keberadaan mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 8 di SDN 8 Mataram memberikan dampak yang signifikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, khususnya dalam mata pelajaran matematika. Para mahasiswa ini membantu guru-guru dalam merancang dan mengimplementasikan metode pengajaran yang lebih kreatif, salah satunya dengan penggunaan papan numerasi kardus bekas ini. Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 8 turut berperan dalam memberikan umpan balik kepada siswa selama mereka mengerjakan soal-soal numerasi, serta membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep matematika dasar. Selain itu, mereka juga terlibat dalam menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan, dengan memodernisasi penggunaan papan numerasi menjadi lebih interaktif dan menarik. Salah satu inovasi yang dibawa oleh mahasiswa Kampus Mengajar adalah penggunaan papan numerasi yang lebih variatif, dengan melibatkan elemen permainan atau tantangan numerasi yang dapat menarik perhatian siswa. Dengan bantuan Kampus Mengajar Angkatan 8, kegiatan pembelajaran matematika menjadi lebih hidup dan dinamis, serta lebih disukai oleh siswa.
Manfaat Penggunaan Papan Numerasi Kardus Bekas
- Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Papan numerasi memungkinkan siswa untuk memvisualisasikan angka dan operasi matematika secara langsung. Ketika siswa menggunakan papan ini untuk menjawab soal-soal matematika, mereka dapat melihat perubahan angka dengan cara yang lebih konkret, yang membantu mereka memahami konsep-konsep dasar matematika dengan lebih baik.
- Melatih Keterampilan Praktis dalam Matematika Papan numerasi ini juga berfungsi untuk melatih keterampilan praktis siswa dalam melakukan operasi matematika. Dengan menggunakan papan numerasi, siswa dapat melatih kecepatan dan ketepatan mereka dalam menjawab soal-soal matematika dasar seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.
- Meningkatkan Semangat Belajar dan Kepercayaan Diri Penggunaan papan numerasi ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk belajar dengan cara yang lebih menyenangkan dan interaktif. Melalui kegiatan yang melibatkan papan numerasi, siswa merasa lebih terlibat dalam proses pembelajaran. Ini membantu menumbuhkan semangat belajar yang lebih tinggi dan meningkatkan kepercayaan diri mereka dalam menyelesaikan soal-soal matematika.
- Mendorong Kemandirian dan Kolaborasi Dengan menggunakan papan numerasi secara individu atau kelompok, siswa dapat belajar untuk bekerja secara mandiri atau berkolaborasi dengan teman-teman mereka dalam menyelesaikan soal-soal. Ini meningkatkan keterampilan sosial mereka serta kemampuan untuk bekerja sama dalam memecahkan masalah.
Dampak Positif bagi Siswa SDN 8 Mataram
Penerapan papan numerasi kardus bekas setiap hari Rabu memberikan dampak positif yang nyata terhadap kemampuan matematika siswa di SDN 8 Mataram. Siswa yang awalnya merasa kesulitan dalam memahami konsep dasar matematika kini dapat lebih percaya diri dan terbiasa dalam menjawab soal-soal numerasi. Mereka tidak hanya belajar matematika secara lebih praktis, tetapi juga mengembangkan keterampilan berpikir kritis yang penting untuk menyelesaikan berbagai permasalahan matematika. Dengan adanya bantuan dari Kampus Mengajar Angkatan 8, suasana belajar semakin menyenangkan dan memotivasi siswa untuk lebih giat belajar. Para mahasiswa juga berperan dalam memberikan penjelasan tambahan kepada siswa yang kesulitan, serta memberi semangat dan motivasi untuk terus berusaha.