Pada era globalisasi Indonesia mengalami banyak kemajuan diberbagai bidang terutama pada bidang teknologi, ditandai dengan berbagai kehidupan yang sudah mulai memakai teknologi yang canggih sehingga memudahkan segala kegiatan ataupun pekerjaan masyarakat Indonesia.Â
Seiring perkembangan zaman era digital mulai menjadi kebutuhan bagi masyarakat karena meringankan kehidupan masyarakat modern dalam menjalin hubungan atau komunikasi dimanapun dan kapanpun. Perkembangan era globalisasi meliputi berbagai teknologi baik komunikasi, informasi, dan berdampak perubahan gaya hidup pada  masyarakat.
Kewirausahaan merupakan suatu proses sistematis penerapan kreativitas dan keinovasian, dalam memenuhi kebutuhan dan peluang di pasar. (Thomas Zimmerer dalam Suryana (2001:2)). kewirausahaan merupakan suatu kegiatan untuk mengembangkan sumber daya alam, modal, dan teknologi sehingga menciptakan lapangan pekerjaan dan memperoleh keuntungan untuk meningkatkan taraf kehidupan (perekonomian) dan kesejahteraan bagi kehidupan masyarakat.
Pada era globalisasi ini memberikan berbagai dampak perubahan terutama di bidang perekonomian bagi Indonesia, nyatanya teknologi memberikan kemudahan bagi kewirausahaan dengan adanya teknologi membuka peluang pasar produk lebih efektif dan efisien baik dalam negeri hingga luar negeri.
Namun, dengan adanya teknologi ini juga memberikan persaingan yang luar biasa karena memberikan peluang masuknya produk luar negeri dalam pasar Indonesia. Teknologi menjadi salah satu faktor utama kemajuan perekonomian Indonesia saat ini, tentunya dengan adanya teknologi media sosial ini memberikan berbagai dampak bagi perekonomian dibidang kewirausahaan Indonesia dalam teknik pemasaran  baik dampak positif ataupun dampak negara
 Adapun berbagai dampak media sosial dalam teknik pemasaran kewirausaan sebagai berikut:
- Dapak positif media sosial terhadap teknik pemasaran kewirausahaan
- Mengurangi modal ataupun menghemat biaya.
- Memperluas target pemasaran baik dalam negeri hingga luar negeri.
- Transaksi jual beli lebih praktis dan efisien.
- Menjangkau pasar yang lebih luas.
- Dampak negatif media sosial terhadap teknik pemesaran kewirausahaan
- Maraknya penipuan.
- Adanya persaingan tidak sehat antar wirausahawan.
- Mengurangi interasi fisik dengan konsumen.
- Terjadinya kesalahan elektronik ataupun sistem yang menyebabkan kehilangan konsumen dan kepercayaan konsumen.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H