Banyak media yang membahas kenaikan BBM di Indonesia merupakan hal yang tidak membuat heran, karena dari dahulu jika BBM naik pasti dari yang punya kendaraan sampai yang tidak punya kendaraan akan membicarakan dampaknya. Tidak membahas hal yang sudah terjadi, berharap dengan naiknya BBM ada perbaikan nyata yang dapat terlihat dan dirasakan langsung, yaitu masalah transportasi umum. Kebutuhan dasar yang saat ini diperlukan yaitu transportasi umum yang murah, nyaman dan aman. Banyaknya penduduk saat ini merupakan tantangan bagi Indonesia, untuk itu di perlukan kendaraan atau alat transportasi umum darat yang dapat mengangkut paling banyak penumpang, dalam hal ini adalah kereta. Jalan di Indonesia, khususnya Jakarta yang tidak akan atau tidak mungkin melebar, maka kereta merupakan alternatif yang cukup baik sebagai salah satu solusi untuk angkutan umum. Baiknya lagi jika pada tiap daerah Indonesia sudah mempunyai gambaran atau rencana alat transportasi umum apa yang sesuai dengan keadaan wilayah masing-masing. Apakah sudah ada pemetaan rencana dan jadwal tahapan perbaikan dan peningkatan mengenai transportasi umum di Indonesia ? Membahas tentang kereta , secara tidak langsung akan berhubungan dengan jalur kereta, yang dapat dilihat dari peta. Pada tiap daerah dan negara mempunyai berbagai bentuk jalur dalam menjangkau tempat-tempat yang dilalui, karena itu menarik untuk membahas peta kereta , dimana jalur yang ada maka secara tidak langsung akan mempengaruhi sistem, yaitu berupa mempengaruhi tingkat kepadatan, kenyamanan, dan juga keamanan.
Jalur kereta di Indonesia
Adanya monorel di Jakarta bisa sedikit meringankan masalah transportasi umum di Jakarta (berharap ongkos naiknya murah), walau belum bisa segera digunakan , serta belum bisa mencakup seluruh wilayah Indonesia, setidaknya sudah mengetahui jalur mana saja nantinya yang akan di lalui. [caption id="" align="aligncenter" width="420" caption="Jakarta_Eco_Transport"][/caption] Menurut wikipedia akan ada 3 fase yang mengutamakan penumpang Bekasi atau Cikarang, dan Tangerang atau Karawaci yang nantinya akan menuju ke Pusat CBD Jakarta, sedangkan untuk penumpang Bogor dan Depok telah dilayani dengan KRL, namun akan memanfaatkan monorel ke Pusat CBD Jakarta. Melihat peta ini apakah ada rencana koneksi atau adakah jalur penghubung antara KRL dan monorel ? [caption id="" align="aligncenter" width="413" caption="Peta Rute Loopline (KRL JAGODETABEK) "]
Jalur kereta pada beberapa negara
Untuk kereta pada kebanyakan negara lain tentunya di dalam kota berupa kereta bawah tanah (subway atau metro), dimana menarik untuk dilihat sebagai bahan pengetahuan lain. Dari Jalur kereta bawah tanah kota pada negara lain, setidaknya bisa sebagai gambaran bagaimana Jalur kereta yang ada di negara lain. [caption id="" align="aligncenter" width="491" caption="paris-metro-map"]
Senang berbagi
Medapatkan trasportasi umum yang murah, nyaman, aman dan sampai tujuan, juga merupakan hak sebagai warga
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H