Mohon tunggu...
Lidia Baeha
Lidia Baeha Mohon Tunggu... Guru - mahasiswi

menulis, menonton

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Rasa Unik dari Setiap Sifat Manusia

24 April 2024   15:47 Diperbarui: 24 April 2024   15:51 31
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

            Dalam kehidupan setiap manusia pastinya banyak hal yang membuat kita salah satunya kagum, penasaran, terhadap hal yang terlihat maupun yang tidak terlihat dalam diri setiap orang. Ketika saya berada di sekeliling orang-orang pintar, banyak hal yang saya temui dalam diri mereka, baik itu dari hal baik maupun kurang baik. Orang ketika terlihat pintar di mata sesamanya iya merasa yang paling hebat, namun pertanyaannya sekarang apa sih manfaatnya merasa paling hebat....?.

            Begitu juga dalam hal yang membuat saya kagum terhadap sesama makhluk hidup khususnya manusia sebagai makhluk yang bersosial. Ketika saya merenungkan kehidupan manusia yang pada umumnya sering dikatakan makhluk sosial di situlah saya berpikir apakah manusia itu semua hadir dalam dirinya rasa sosial atau sebaliknya.......?. ketika rasa sosial hadir dalam diri setiap manusia pastinya mereka bisa merasakan penderitaan sesama kita yang mengalami kekurangan, teraniaya, dan macam-macam yang lainnya yang membuat sesama kita merasa tersingkirkan dan kurangnya perhatian terhadap orang lain.

            Ya saya kagum dengan manusia yang hanya bisa berkata-kata tapi tidak bertindak. Ketika saya ditanya bagaimana sih pendapat Lidia tentang manusia......? Hahahahah saya  pastinya tertawa ketika saya menjawab pertanyaannya. Kok bisa ya tertawa, hmmm iyalah namanya saja manusia yang memiliki sifat, pikiran, pendapat, serta rasa sosial yang berbeda-beda. Manusia sangat unik, dengan keunikan setiap manusia saya di sadarkan bahwa Tuhan menciptakan manusia yang istimewa, dengan keistimewaan tersebut manusia memiliki banyak keunikan yang ada dalam dirinya, ketika tidak unik berarti bukanlah manusia sesungguhnya. Jadilah unik agar menjadi manusia yang sesungguhnya dan menciptakan sosok manusia yang istimewa di hadapan Tuhan dan sesama.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun