Mohon tunggu...
Lidatul Wakidah
Lidatul Wakidah Mohon Tunggu... Guru - Lakukan sekarang atau tidak sama sekali

hidup adalah pilihan jalani, nikmati dan syukuri berdoa dan ikhtiar adalah pendukung dalam hidup

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Dwi Mingguan Modul 3.2 Guru Penggerak

13 Juni 2023   21:38 Diperbarui: 13 Juni 2023   21:43 563
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

MODUL 3.2  --------------- 3.2.a.JURNAL REFLEKSI DWIMINGGUAN

PEMIMPIN DALAM PENGELOLAAN SUMBER DAYA

LIDATUL WAKIDAH, S.Pd

SD NEGERI 1 TEGALREJO, BAYAT

 

Assalamu'alaikum wr.wb

Salam dan Bahagia Bapak Ibu Guru Hebat dimana pun Anda berada. Perkenalkan saya Lidatul Wakidah, S.Pd Calon Guru Penggerak Angkatan 7 dari SDN 1 Tegalrejo Kec Bayat Kabupaten Klaten Provinsi Jawa Tengah. Pada kesempatan ini saya akan menulis tentang apa yang sudah saya lakukan pada pendidikan Guru penggerak di materi Modul 3.2 yaitu Pemimpin Dalam Pengelola Sumber Daya

Jurnal Dwi mingguan ini saya tulis untuk menggambarkan refleksi saya setelah mempelajari Modul 3.2 dan merupakan tugas setelah berakhirnya modul yang dipelajari sebagai seorang Calon Guru Penggerak. Saya akan menuliskan semua pengalaman saya dan semua yang saya rasakan selama mempelajari modul 3.2 ini dalam artikel ini dengan model refleksi 4P/4F yang diprakarsai oleh Dr. Roger Greenaway yaitu:

  • PERISTIWA/FACT

Dalam mempelajari modul 3.2 ini ada beberapa peristiwa penting atau kegiatan yang harus dilalui. Mulai dari kegiatan Mulai Dari Diri yang harus dilaksanakan secara mandiri sampai pada kegiatan aksi nyata yang harus dilaksanakan Bersama rekan sejawat ataupun kepala sekolah. Berikut saya paparkan satu persatu kegiatannya.

  • Kegiatan Mulai Dari Diri

Dalam kegiatan ini CGP diminta menjawab beberapa pertanyaan yang bertujuan untuk mengaktifkan ulang pengetahuan awal CGP tentang ekosistem sekolah dan peran Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya. Adapun pertanyaan mengenai Ekosistem yang ada di sekolah, Apa saja Sumber daya yang dimiliki dan dapat dimanfaatkan, Merefleksikan sosok pemimpin yang ideal, dan diakhiri dengan harapan dari CGP setelah mempelajari modul ini. Awalnya CGP merasa bahwa Sumber Daya yang ada di sekitar sebatas benda hidup (biotik), Namun ssetelah mempelajari modul ini banyak sumber daya yang belum di eksplorasi dengan masksimal. Dan untuk kedepannya berharap mampu mengelola sumber daya dengan baik, maksimal dan bermanfaat untuk semua pihak.

  • Kegiatan Eksplorasi Konsep

Dalam kegiatan Eksplorasi Konsep CGP aktif dalam menyampaikan pemikirannya setelah melaksanakan pembelajaran daring. Materi dalam Modul 3.2 terkait Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya. Dalam kegiatan eksplorasi konsep, Mandiri ini  memiliki tujuan khusus yaitu 1. CGP dapat mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi ekosistem sekolah. 2. CGP dapat membedakan pendekatan berbasis aset dan pendekatan berbasis masalah. 3. CGP memahami pengelolaan sumber daya yang ada di sekolahnya dengan menggunakan pendekatan Pengembangan Komunitas berbasis Aset (AssetBased Community Development/ABCD). 4. CGP dapat membedakan tujuh aset utama yang dimiliki lingkungan sekolahnya. Selanjutnya dalam forum diskusi Asinkronus disajikan 2 kasus, CGP diminta menjawab setiap pertanyaan dari kedua kasus tersebut dengan aturan cara menjawab diawali dengan "Jawaban kasus nomor.....".

  • Kegiatan Ruang Kolaborasi Sesi 1

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun