DEMONSTRASI KONTESKTUAL MODUL 3.2
Assalamualiakum Wr.Wb
Salam dan Bahagia Bapak dan Ibu guru hebat. Bertemu lagi dengan saya Lidatul wakidah, S.Pd Calon Guru Penggerak Angkatan 7 dari Kabupaten Klaten. Pada kesempatan kali ini, saya akan memamparkan Demonstrasi Kontekstual Modul 3.2 Pemimpin Dalam pengelolaan Sumber Daya. Adapu tujuan khusus kegiatan ini adalah
- CGP dapat menganalisis tentang visi dan prakarsa perubahan dari tayangan video praktik baik yang ada.
- CGP dapat mengidentifikasi kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan masing-masing tahapan B - A - G - J - A dari tayangan video yang ada.
- CGP dapat mengidentifikasi peran pemimpin pembelajaran dari tayangan video.
- CGP dapat menganalisis modal utama apa saja yang dimanfaatkan contoh video praktik baik ini
Sebelum memaparkan Demonstrasi, CGP iminta untuk menyaksikan video mengenai BAGJA dalam kegiatan di kelas dan menyimpulkan dalam bentuk narasi. Berikut pemaparan Demonstrasi Kontekstual Modul 3.2 yang telah saya rangkum.
- Kira-kira apakah visi dari sekolah tempat guru dalam video tersebut mengabdi?
Prakarsa perubahan yang dilakukan guru tersebut terhadap kelasnya yakni Mewujdukan kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk belajar. Maka visi sekolah merupakan sesuatu yang menjadi inspirasi dari Prakarsa perubahan yang dilakukan guru. Untuk visi sekolah menurut saya :
“Mewujudkan Kelas (lingkungan belajar) yang nyaman dan menyenangkan untuk kegiatan belajar.”
- Apakah prakarsa perubahan yang akan dilakukan oleh guru dalam tayangan video?
Prakarsa perubahan yang dilakukan guru tersebut terhadap kelasnya yakni :
“Mewujdukan kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk belajar.”
- Apakah Pertanyaan Utama dari kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video tersebut?
a. Bagaimana cara mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk belajar ?
b. Perubahan apa yang bisa kita lakukan untuk kelas sendiri ?
- Kegiatan/tindakan apa yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video yang menggambarkan tahapan:
a. Buat pertanyaan
Pertanyaan utama :
1. Bagaimana cara mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk belajar ?
2. Perubahan apa yang bisa kita lakukan untuk kelas sendiri ?
3. Aset apa saja yang sudah dimiliki kelas saya sendiri ?
Dalam hal ini, Guru melakukan hal-hal berikut:
4. Guru melakukan diskusi mengenai perubahan yang ingin dilakukan dengan kepala sekolah dan rekan sejawatnya.
5. Guru menyampaikan pertanyaan utama mengenai Penyemangat Belajar murid dengan bertanya.
6. Guru juga mempelajari tentang aset yang sudah dimiliki kelasnya.
b. Ambil Pelajaran
1. Guru melakukan observasi dengan menampilkan Penyemangat Belajar dan memberikan kesempatan kepada murid untuk menjawab berkaitan dengan Penyemangat Belajar dari sudut pandang murid.
2. Guru menanyakan kepada murid mengenai kondisi seperti apa yang disukai di dalam kelasnya.
3. Guru mengajak murid kelasnya untuk melakukan hal yang sama dengan kelas lain dan berkunjung ke kelas lain dengan membentuk 4 kelompok murid.
4. Murid mendiskusikan hasil temuannya di kelas lain bersama kelompoknya.
c. Gali Mimpi
1. Guru meminta murid untuk menutup mata dan membayangkan kelas yang nyaman untuk belajar sesuai keinginan mereka dan bisa menjadi penyemangat mereka nantinya.
2. Guru meminta murid untuk menggambarkan kelas impian mereka secara berkelompok.
3. Murid menggambarkan kelas impian mereka dengan merdeka / sesuai dengan keinginan mereka.
4. Murid melakukan presentasi mengenai kelas impian mereka di depan teman sekelasnya
d. Jabarkan Rencana
1. Murid menjaarkan hal yang harus dilakukan untuk mewujudkan kelas impian.
2. Murid menyebutkan bebera kegiatan yang diperlukan untuk mewujudkan kelas impiannya, yakni kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk belajar.
3. Beberapa hal tersebut yakni kebersihan, posisi tempat duduk, dan adanya rak buku.
e. Atur Eksekusi
1. Pembagian kelompok murid untuk berkontribusi terhadap kelasnya.
2. Menentukan waktu Bersama murid untuk melakukan penataan ruang kelas.
3. Menyiapkan alat dan bahan bersama murid.
4. Eksekusi rencana yakni menata ruang kelas impian sesuai dengan kesepakatan bersama.
- Apa peran pemimpin yang tergambar dalam tayangan video?
Dalam video tersebut, nampak kepala sekolah sangat mendukung dan menantikan Prakarsa perubahan yang akan dilakukan guru tersebut. Pemimpin dalam video tersebut juga melakukan diskusi bersama guru mengenai prakarsa perubahannya.
- Apa saja modal utama yang dimanfaatkan oleh pemimpin pembelajaran dalan tayangan video? lalu bagaimana pemanfataannya?
Modal utama yang dimanfaatkan pemimpin pembelajaran dalam tayangan yakni :
1. Modal manusia, yakni guru dan muird. Guru yang akan melakukan prakarsa perubahan diberikan fasilitas serta diskusi bersama. Dari hasil diskusi, guru akan melakukan Prakarsa perubahan dengan memanfaatkan ide dari murid kelas tersebut.
2. Modal fisik, yakni memanfaatkan aset yang sudah dimiliki kelasnya. Yakni ruang kelas baik yang ditempati mau yang dikunjungi, pemanfaatannya sebagai ruang anak melakukan kreatfitasnya sekaligus sebagai ruang inspirasi untuk mengambil ide. Selain ruang kelas, anak juga memanfaatkan meja kursi dan berbagai alat yang ada di ruang kelasnya dan dimanfaatkan dengan disusun sesuai dengan kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk belajar sesuai dengan bayangan murid.
Sekian pemaparan Demonstrasi Kontekstual Modul 3.2 dari saya. Semoga bermanfaat.
Wassalamu'alaikum Wr.Wb
=Salam dan Bahagia=