Mohon tunggu...
Lili Ana
Lili Ana Mohon Tunggu... -

Saya pengguna baru kompasiana

Selanjutnya

Tutup

Catatan

Renungan Diri

6 Februari 2015   23:50 Diperbarui: 17 Juni 2015   11:41 17
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Memasuki sebuah perkumpulan baru itu bukan hal yang mudah bagi saya. Saya orang baru dan saya bukan bagian dari mereka sebelumnya.

Jujur saya sudah berusaha menjadi bagian dari mereka. Tapi kadang kadang saya merasa tak nyaman. Saya kurang tahu siapa yang mereka bicarakan. Sehingga saya hanya terdiam saja.

Merasa terasing diantara kumpulan orang itu rasanya menyedihkan. Memang saya orang yang kurang pandai bergaul. Entah kenapa secara tidak disengaja, saya memilih orang-orang yang bisa membuat saya menjadi diri saya sendiri di samping orang orang tertentu saja. Bercanda tertawa lepas dengan sebagian orang . Dengan yang lainnya, saya menjadi agak kaku.

Saya mencoba mengubah sikap saya ini. Salah satunya adalah dengan menyapa orang lain. Setidaknya dengan itu saya memberi kode bahwa saya ini “ada” di antara mereka.

Apakah saya ini seorang introvert?

Mohon tunggu...

Lihat Catatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun