Mohon tunggu...
Lia Putri wardani
Lia Putri wardani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

INSPIRASIKU

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Gass Terus Bersama JNE: Menyulut Semangat Kreativitas & Inovasi Tanpa Batas

27 Juni 2024   09:50 Diperbarui: 27 Juni 2024   10:16 391
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar: Dokumen Pribadi 

JNE merupakan Penyedia layanan pengiriman paket dan dokumen domestik mulai dari pengambilan hingga pengiriman tujuan melalui lebih dari 8.000 titik layanan khusus di seluruh Indonesia.Dengan jaringan cabang dan kemitraan yang kuat, JNE telah memantapkan dirinya sebagai nama terpercaya di industri logistik dengan menyediakan layanan pengiriman yang andal dan efisien kepada pelanggan secara nasional, serta berkomitmen terhadap kepuasan pelanggan dan dikenal atas komitmen terhadap pengiriman tepat waktu.

Kampanye Retensi "Gas Terus" merupakan upaya pemasaran untuk mempromosikan layanan pengiriman JNE Express. Kampanye ini menyoroti komitmen perusahaan untuk menyediakan pilihan pengiriman yang cepat dan andal kepada pelanggan serta menekankan gagasan untuk menjaga "gas" atau momentum perdagangan. Melalui slogan yang catchy dan iklan yang menarik, JNE bertujuan untuk menarik pelanggan baru dan memperkuat brand image sebagai penyedia layanan logistik terpercaya. Kampanye Gas Terus juga mencakup promosi dan diskon khusus untuk mendorong pelanggan memilih JNE untuk kebutuhan pengirimannya. Secara keseluruhan, kampanye ini menunjukkan komitmen JNE untuk tetap menjadi yang terdepan dibandingkan kompetitor dan terus meningkatkan layanannya untuk memenuhi kebutuhan pasar yang berubah dengan cepat saat ini.

Selain kampanye Gas Terus, JNE juga fokus pada peningkatan teknologi dan infrastruktur agar proses pengiriman lebih efisien dan memberikan pelacakan real-time kepada pelanggan. Investasi dalam inovasi ini menunjukkan komitmen perusahaan dalam memberikan pengalaman yang lancar dan dapat diandalkan bagi pelanggannya. Selain itu, JNE juga memperluas jangkauannya dengan membuka cabang baru dan berkolaborasi dengan perusahaan lain untuk memberikan layanan yang lebih komprehensif. Tujuan dari langkah strategis ini adalah untuk memperkuat posisi JNE sebagai market leader di industri logistik dan menjamin kepuasan pelanggan.

A. Kampanye Gas Terus: Memberdayakan Kreativitas dan Inovasi

1. Menekankan tujuan kampanye untuk merangsang pemikiran kreatif

Mendorong inovasi dalam perusahaan. Kampanye Gas Terus tidak hanya mempromosikan layanan JNE, namun juga mendorong karyawan untuk berpikir out of the box dan mengembangkan ide-ide baru untuk meningkatkan operasional perusahaan. Mengedepankan kreativitas dan inovasi membuat JNE tetap menjadi yang terdepan dalam persaingan dan beradaptasi dengan kebutuhan industri logistik yang terus berubah. Melalui kampanye ini, JNE tidak hanya menunjukkan komitmennya terhadap keunggulan, namun juga komitmennya terhadap perbaikan dan pertumbuhan berkelanjutan. Dengan mengedepankan budaya berpikir kreatif dan inovasi, JNE menciptakan tempat kerja di mana karyawan merasa dihargai dan termotivasi untuk menyumbangkan idenya. Kampanye ini berfungsi sebagai platform bagi karyawan untuk berkolaborasi, bereksperimen, dan mendorong batasan untuk memajukan perusahaan. Pada akhirnya, tujuan JNE tidak hanya meningkatkan pelayanan dan operasional, namun juga mendorong sikap karyawan terhadap pembelajaran dan pengembangan berkelanjutan. Melalui kampanye "Gas Terus", JNE menetapkan standar keunggulan yang tinggi dan mendorong batasan-batasan yang mungkin ada dalam industri logistik.

2. Mendorong karyawan dan pelanggannya untuk berpikir out of the box. 

JNE mendorong karyawan dan pelanggannya untuk berpikir out of the box melalui sesi brainstorming dan workshop inovasi secara berkala. Sesi-sesi ini, betapapun tidak lazimnya, memberikan kesempatan bagi individu untuk berbagi ide dan menerima umpan balik dari rekan kerja. Dengan memupuk budaya kreativitas dan komunikasi terbuka, JNE memberdayakan karyawan untuk menantang status quo dan menemukan cara baru untuk memecahkan masalah. Selain itu, perusahaan secara aktif mengumpulkan masukan pelanggan melalui survei, kelompok fokus, dan platform media sosial untuk mendapatkan wawasan tentang kebutuhan dan preferensi pelanggan. Memasukkan umpan balik pelanggan ke dalam proses pengambilan keputusan memungkinkan JNE menyesuaikan layanannya untuk lebih memenuhi permintaan pasar yang terus berkembang. Pendekatan kolaboratif ini tidak hanya meningkatkan kemampuan perusahaan untuk berinovasi dan beradaptasi terhadap perubahan, namun juga menumbuhkan rasa kepemilikan dan keterlibatan di antara karyawan dan pelanggan.

3. Ide-ide inovatif yang diterapkan melalui kampanye. 

Salah satu kisah sukses yang menyoroti dampak feedback pelanggan terhadap layanan JNE adalah diperkenalkannya sistem pelacakan pengiriman baru. Setelah menerima masukan dari pelanggan tentang perlunya update pengiriman secara real-time, JNE menerapkan fungsi pelacakan pada website dan aplikasi mobile-nya. Solusi sederhana namun efektif ini tidak hanya meningkatkan transparansi dan komunikasi dengan pelanggan, namun juga menyederhanakan proses pengiriman, sehingga meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Ide inovatif lainnya yang diwujudkan melalui umpan balik pelanggan adalah pengenalan opsi pengemasan yang dapat disesuaikan. Pelanggan mengatakan mereka menginginkan pilihan kemasan yang lebih personal untuk acara-acara khusus. Maka JNE memperkenalkan layanan yang memungkinkan pelanggan memilih dari berbagai desain dan menambahkan pesan pribadi pada kemasannya. Inisiatif ini tidak hanya memuaskan pelanggan, tetapi juga membantu membedakan JNE dari pesaingnya dan menarik bisnis baru.

B. Manfaat Merangkul Kreativitas dan Inovasi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun