Mohon tunggu...
lia novian
lia novian Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswi

Bismillah

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Evaluasi Pengembangan APE

27 November 2021   14:37 Diperbarui: 27 November 2021   14:38 311
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Hai, bagaimana kabarnya?

Semoga baik-baik dan sehat selalu ya...

Nah, aku balik lagi nih mau membahas artikel yang tema nya masih sama yaitu tentang alat permainan edukatif (APE) tapi pembahasannya tentang "Evaluasi Pengembangan Alat Permainan Edukatif". Jadi, dalam pembuatan alat permainan edukatif itu tidak boleh sembarangan dan harus memperhatikan apakah alat permainan tersebut aman bagi anak, dan tentunya harus bisa mengembangkan aspek perkembangan pada anak. Nah, untuk pembahasan yang pertama yaitu:

Penilaian Fungsi Alat Edukatif

Kegunaan dari alat permainan edukatif (APE) ini sendiri yaitu digunakan sebagai sebuah sumber atau sebagai media pembelajaran yang tentunya mempunyai sebuah fungsi dan fungsi tersebut ada karena untuk melengkapi setiap makna yang ada pada alat permainan edukatif (APE) tersebut.  adapun fungsi alat permainan edukatif (APE) pada anak usia dini, diantaranya adalah:

  • Untuk mengembangkan atau menstimulus aspek-aspek perkembangan yang ada pada anak usia dini
  • Berguna untuk membuat suasana dalam kegiatan pembelajaran lebih asyik dan menarik dan tidak cepat membosankan karena kegiatan proses pembelajaran dilakukan secara menyenangkan, selain itu juga bisa membantu dalam kualitas kegiatan proses pembelajaran, kemudia juga bisa menumbuhkan rasa percaya diri pada sang anak.
  • Selain itu juga untuk mengembangkan dan juga menumbuhkan adanya suatu hubungan yang komunikatif dan juga harmonis antara anak dan juga guru, teman ataupun orang-orang yang ada di sekitarnya.

Nah, setelah mengetahui apa saja fungsi dari alat permainan (APE) yang di peruntukkan untuk anak usia dini, fungsi alat permainan edukatif (APE) yang dimaksud adalah sebuah penilaian pengembangan atau stimulus dari aspek-aspek perkembangan anak yang terdapat dalam alat permainan edukatif (APE) tersebut. Dalam penilainan aspek perkembangan pada alat permainan (APE) tersebut harus terukur, berkelanjutan, dan juga menyeluruh yang tentunya sesuai dengan perkembangan anak yaitu yang pertama adalah fisik motoric baik itu motoric halus maupun motoric kasar yang mencakup tentang kondisi fisik dan juga aktivitas sensori anak yang berjalan secara baik sesuai dengan fungsinya pada saat belajar melalui alat permainan edukatif seperti halnya melipat sesuatu, meremas, ataupun menulis. Yang kwdua yaitu tentang aspek perkembangan bahasa dimana sang anak bisa memahami dan juga berinteraksi melalui bahasa lisan ataupun melalui tulisan pada saat anak belajar melalui alat permainan edukatif seperti pada buku yang bergambar ataupun pada saat anak bisa melontarkan beberapa kalimat yang benar. Selanjutnya yaitu aspek perkembangan kognitif dimana anak sudah mulai matang dalam berfikir dalam konteks bermain alat permainan edukatif seperti halnya mengenal sebuah bentuk dan juga ukuran, warna, boneka dan lain-lain. Adanya penilainan dari fungsi alat permainan edukatif tersebut bisa diambil sebuah kesimpulan bahwa ketika mengembangkan atau menstimulus setiap aspek perkembangan baik itu fisik motoric, bahasa ataupun kognitif pada anak itu sangat penting untuk dievalusi atau dinilai karena dengan adanya pemberian evaluasi  atau penilaian setiap proses perkembangan pada anak bisa dijadikan perbaikan terhadap perkembangan untuk selanjutnya dan setelah itu guru juga bisa membuat atau merancang alat permainan edukatif kembali sesuai dengan stimulus aspek tersebut.

Evaluasi Efektivitas Pembuatan Alat Permainan Edukatif

  • Penggunaan APE sebagai Media Pembelajaran. Alat permainan edukatif (APE) menjadi sebuah media pembelajaran dalam pembelajaran  anak usia dini karena bisa membetrikan peluang yang besar dalam perolehan hasil pembelajaran yang maksimal daripada sebuah pembelajaran yang tidak menggunakan media permainan atau hanya menggunakan permainan tradisional verbalistik. Jadi, media alat permainan edukatif (APE) merupakan sebuah sarana yang bisa dibilang paing efektif yang digunakan untuk menstimulus perkembangan pada anak usia dini. Dan alat permainan edukatif (APE) ini bisa dijadikan sebuat alat bantu atau media pembelajaran dan juga sebagai media bermain pada anak sehingga kegiatan proses pembelajaran tersebut tidak cepat membosankan dan dengan melalui alat permainan edukatif (APE) ini kegiatan proses pembelajaran bisa berlangsung menyenangkan bagi anak-anak, menarik, dan tentunya juga aktif.  
  • Evaluasi Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Konsep evaluasi dalam pembelajaran anak usia dini ini secara umum dan evaluasi merujuk pada sarana yang di pakai di sekolah-sekolah untuk mengukur bagaimana kinerja para siswanya dan sarana ini biasanya seperti ulangan singkat, ujian, atau evaluasi secara tertulis. Evaluasi merupakan proses kegiatan yang dilakukan dengan tujuan supaya bisa mendapatkan data atau bukti perkembangan dan juga hasil belajar yang ada kaitannya dengan perkembangan pada anak.  Jadi, evalusai secara umum ini berarti sebuah komponen kegiatan yang bisa di lewati oleh anak, dari cara bagaimana anak bisa melakukan kegiatan tersebut. Ada beberapa komponen dalam evaluasi menurut Moechlication:- Memilih apa yang akan dievalusi, menentukan tujuan dari evaluasi dengan jelas, menentukan bagaimana caranya mendapatkan data evaluasi tersebut, mengetahui kegunaan dari evaluasi yang didapat, menyatakan tujuan kegiatan dengan jelas, dan juga tindak lanjut
  • Prinsip-Prinsip dan Tujuan Evaluasi Media Pembelajaran AUD
  • Dalam menguji sebuah media ada dua macam bentuk yaitu evaluasi formatif dan juga evaluasi sumatif. Dimana evaluasi formatif merupakan sebuah proses dalam mengumpulkan data mengenai efektivitas dan juga efisiensi bahan pembelajaran termasuk juga untuk mencapai tujuan yang akan di capai. Jika evaluasi sumartif berkaitan dengan pengumpulan data mengenai media yang akan dibuat apakah media tersebut layak untuk dipakai atau tidak.
  • Prosedur Evaluasi
  • Tahapan Evaluasi
  • Adapun langkah-langkah dalam evaluasi media diantara adalah sebagai berikut:
  • Evaluasi satu lawan satu (one to one)
  • Evaluasi kelompok kecil (small group evaluation)
  • Tahapan Evaluasi Pembelajaran

Nah, mungkin cukup sekian pembahasan  tentang evaluasi penegmbangan alat permainan edukatif semoga bermanfaat untuk ke depannya dan mohon maaf apabila ada kesalahan dalam maksud dan juga penulisannya, sekian dan terima kasih.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun