Setelah berjalan 7 bulan, Work from Home (WFH) sudah jadi new normal keseharian kita. Tidak jarang masih banyak orang belum punya space yang cukup nyaman buat mendukung aktivitas kerja ataupun belajar di rumah, padahal area kerja itu berpengaruh banget dengan produktivitas dan konsentrasi kita. Belum lagi mengingat kita menghabiskan banyak banget waktu beraktivitas di rumah. Nah, coba deh beberapa tips berikut yang dijamin bisa menambah semangat kalian selama WFH!
Jangan Sambil Rebahan!
Selain perlu adanya 'pembeda' area istirahat dan area bekerja, hal ini juga dilakukan mengurangi keinginan buat rebahan atau bersantai terus-menerus selama kita beraktivitas. Dengan adanya pembagian space nantinya akan membangun mindset yang mendorong kita lebih fokus dan produktif saat berada di area kerja.
Siapkan Keperluan Kerja Sesuai Kebutuhan
Area kerja yang ideal perlu mengakomodasi kebutuhan kita dengan tepat selama beraktivitas. Area kerja dengan barang yang berlebihan mengakibatkan ruang menjadi berantakan dan distraksi saat bekerja.Â
Oleh karena itu, kita perlu mendata ulang kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan di area kerja agar dapat beraktivitas dengan nyaman. Perhatikan juga dimana kita meletakkan barang-barang tersebut. Barang yang sering digunakan sebaiknya diletakkan dalam jangkauan tangan kita.
Pencahayaan yang Baik
Seharian beraktivitas di depan gadget, menulis, dan melakukan berbagai aktivitas lainnya, ada baiknya kita memaksimalkan penggunaan pencahayaan alami. Disarankan area kerja diletakkan dekat dengan jendela. Selain mendapat pencahayaan yang cukup secara alami, juga bisa memberi rasa segar setelah berjam-jam menatap layar gadget. Jika kondisi tidak memungkinkan untuk bekerja di dekat jendela, boleh diganti dengan menggunakan lampu tone daylight yang cukup terang, agar mata nggak cepat lelah.