Standar kinerja, target, dan tujuan kerja adalah inti dari performance planning, yang termasuk dalam job description. Seorang karyawan harus mengetahui tentang tanggung jawab utama dan standar kinerja yang diharapkan perusahaan kepada karyawan tersebut, tetapi sangat sulit untuk membedakan antara job description, performance planning dan review systems. contohnya itu seperti sulitnya karyawan untuk mengekspresikan rencana kinerja mereka kedepannya itu akan seperti apa dikarenakan kebingungan yang mereka rasakan seperti tujuan, target, sasaran dan standar orang dan perusahaan berbeda sehingga menjadi sangat sulit untuk menyatuan perspektif tersebut agar sejalan.Â
Tujuan yang diinginkan karyawan sebaiknya dapat dipecah menjadi hal-hal yang harus dilakukan dan bagaimana cara mereka mencapainya. jadi, hal ini itu biasanya memakan waktu yang lebih banyak karena akan mengandung beberapa elemen tertentu dan kerangka waktu yang telah ditentukan. tujuan dan sasaran sering berhubungan secara khusus dengan pekerjaan dalam sebuah organisasi.Â
Alangkah lebih baik jika karyawan mampu mengetahui apa sih target dan tujuan mereka, nah jika tujuan dan target tersebut telah dicapai maka karyawan tersebut bisa beralih ke target selanjutnya dan mencapai tujuan lainnya yang mereka telah tetapkan. jadi, membuat banyak tujuan dan target akan lebih baik agar karyawan bisa mencapai visi misinya dalam jangka panjang.Â
Tujuan dan target sebenarnya adalah suatu pernyataan tentang hasil yang ingin dicapai oleh seseorang, sehingga jika tujuan dan target tersebut telah tercapai, maka kita dapat membuat tujuan dan target baru. karena biasanya jika seseorang mencapai sesuatu, ia akan merasa bangga terhadap dirinya sendiri dan makin lebih percaya diri dalam mengerjakan pekerjaannya.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H