Mohon tunggu...
LIA AISAH
LIA AISAH Mohon Tunggu... Guru - Guru

Guru SDN 1 Sidomulyo

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Pembelajaran IPS SD

30 Juli 2022   14:09 Diperbarui: 30 Juli 2022   14:19 1483
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Mengapa pembelajaran IPS di SD perlu memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar bagi para siswa di SD? tentunya kita tahu bahwa lingkungan sekitar lah yang akan memberikan dampak positif untuk hasil belajar siswa terutama di tingkat Sekolah Dasar. lingkungan sekitar sebagai sumber belajar sangat menguntungkan bagi proses kegiatan belajar mengajar khususnya di pelajaran IPS. hal ini disebabkan karena sumber belajar dekat dengan siswa, sehingga siswa lebih mudah dalam proses memahami sumber belajar.

pendidikan IPS disekolah dasar bertujuan untuk mempersiapkan manusia Indonesia seutuhnya yang mampu berkiprah dalam kehidupan masyarakat modern. sasaran umum Pendidikan IPS adalah menciptakan warga negara yang mampu mengerti masyarakatnya dan mampu berbartisipasi aktif dalam proses perubahan dan perkembangan masyarakat.

Memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar berarti siswa mendapatkan pengetahuan dan pemahaman dengan cara mengamati sendiri apa-apa yang ada dilingkungan sekitar, baik dilingkungan rumah, lingkungan sekolah, maupun lingkungan sekitar, selain itu dapat pula melihat benda-benda yang tidak mungkin dikunjungi secara langsung dengan melihat benda tiruannya.

dalam pendidikan IPS, nilai sosial dan budaya yang berkembang dilingkungan masyarakat atau siswa belum dijadikan sebagai sumber belajar, sehingga siswa tidak merespon kejadian-kejadian yang ada disekitarnya. Nilai sosial budaya yang tumbuh dan berkembang dalam masyarakat lingkungan siswa tidak dijadikan sebagai sumber belajar IPS. 

Kalaupun dilakukan, itu sangat terbatas dan hanya dijadikan bahan pelengkap saja bukan merupakan inti dari bahasan untuk melatih kemampuan penalaran nilai. Dampaknya pendidikan IPS tidak mendekatkan dan mengakrabkan peserta didik dengan sosial budayanya. Akibatnya Pendidikan IPS belum mampu berperan sebagai media bagi pengembangan kemampuan penalaran nilai bagi siswa.

Proses belajar mengajar ilmu-ilmu sosial akan tangguh apabila melakukan banyak kegiatan aktif seperti : 

1. belajar mengajar aktif harus disertai dengan berfikir reflektif dan pengambilan keputusan selama kegiatan berlangsung dengan cepat dan peristiwa dapat perkembang dengan tiba-tiba.

2. proses belajar aktif membangun kebermaknaan pembelajaran yang diperlukan agar peserta didik dapat mengembangkan pemahaman sosialnya.

3. proses belajar mengajar ilmu-ilmu sosial yang tangguh menekankan proses pembelajaran dengan kegiatan aktif dilapangan untuk mempelajari kehidupan nyata dengan menggunakan bahan dan keterampilan yang ada dilapangan.\

4. pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar dalam proses belajar IPS sangat penting, karena lingkungan (fisik, sosial atau budaya) merupakan sumber yang sangat kaya untuk bahan ajar siswa. lingkungan sangat berperan sebagai media belajar, dan sebagai objek kajian.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun