Menulis artikel ilmiah adalah keterampilan yang sangat penting dalam dunia pendidikan. Guru SMP Muhammadiyah 2 Inovasi dan mahasiswa UMM bekerja sama untuk meningkatkan keterampilan ini. Mahasiswa UMMÂ memberikan pelatihan tentang cara menulis artikel ilmiah yang baik dan benar kepada guru-guru SMP Muhammadiyah 2 Inovasi. Mereka berbagi pengetahuan mereka tentang teknik penulisan, struktur artikel ilmiah, penggunaan referensi, dan etika penulisan ilmiah. Kegiatan ini dilakukan oleh anggota PMM Kelompok 77 Tahun 2022 yaitu Sri Wahyuni, Nur Hanifa, Nur Yulia Gusmi, Mutiara Perwita Sari, Arya Arifandi dibawah bimbingan dosen pembimbing Arif Setiawan, M.Pd, Akhsanul In'am, dan Drs. Gigit Mujianto, M.Si
Selain itu, mahasiswa UMMÂ juga memberikan panduan tentang penelitian sederhana yang dapat dilakukan di lingkungan sekolah. Hal ini, membantu guru-guru dalam merencanakan dan melaksanakan penelitian bersama siswa di sekolah. Dengan cara ini, guru-guru dapat memandu siswa dalam menghasilkan artikel ilmiah berdasarkan penelitian yang mereka lakukan.
Kondisi tersebut, diperkuat dengan beberapa hal yang telah disampaikan oleh Kepala Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 2 Inovasi Kota Malang, yang manyatakan bahwa belum banyak karya yang dihasilkan oleh guru dalam bentuk tulisan. Hal ini, menjadi sebuah keresahan tersendiri, mengingat semakin tingginya tuntutan yang dibebankan pada guru sesuai dengan peraturan KEMENDIKBUD yang terbaru.
Salah satu bunyi peraturan tersebut adalah mengharuskan guru untuk menghasilkan 2 artikel yang dimuat di jurnal terakreditasi SINTA 1-6 dalam satu tahun. Tentu saja kebijakan tersebut mengharuskan setiap pimpinan sekolah harus memacu guru untuk berkarya. Hal ini bukan tanpa dasar, karena karya yang dihasilkan oleh guru memiliki multiple effecti bagi individu dan institusi. Paparan mengenai kebutuhan dari Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 2 Inovasi Kota Malang terhadap persoalan menulis didapatkan langsung dari Kepala Sekolah dan 10 guru yang melakukan konsolidasi awal bersama pengabdi.
Berikut dokumentasi kegiatan tersebut
Berdasarkan kondisi tersebut, maka SMP Muhammadiyah 2 Kota Malang berupaya untuk berkoordinasi serta berjejaring dengan Universitas Muhammadiyah Malang. Jejaring ini diharapkan mampu meningkatkan kompetensi guru SMP Muhammadiyah 2 Kota Malang dalam memproduksi artikel ilmiah secara baik. Kondisi demikian dilakukan secara bertahap dengan pemahaman tentang berbagai hal yang berkaitan dengan menulis artikel ilmiah, mulai dari apa dan bagaimana menulis artikel ilmiah, hingga bagaimana menghasilkan suatu tulisan dalam bentuk artikel ilmiah yang siap dipublikasikan di jurnal ilmiah. Oleh karena itu, pelatihan dan pendampingan penulisan artikel ilmiah bagi guru SMP Muhammadiyah 2 Kota Malang menjadi satu hal yang penting dan harus dilakukan.
Penutup
Kegiatan pengabdian mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang bersama Guru SMP Muhammadiyah 2 Inovasi di Kota Malang merupakan contoh nyata dari kolaborasi yang positif antara perguruan tinggi dan sekolah dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan. Keterampilan menulis artikel ilmiah dan penelitian bersama siswa merupakan dua aspek penting dari kegiatan ini. Dengan demikian, kegiatan ini tidak hanya memberikan manfaat bagi guru dan mahasiswa, tetapi juga bagi perkembangan pendidikan dan peningkatan pemahaman siswa tentang dunia penelitian ilmiah. Semoga kegiatan semacam ini terus berkembang dan memberikan dampak positif bagi pendidikan di Kota Malang.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H