Mohon tunggu...
Lia Astria
Lia Astria Mohon Tunggu... Guru - Guru

Belajar, belajar, dan belajar

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Refleksi Ruang Kolaborasi 2 Modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak Positif bagi Murid

31 Agustus 2024   22:04 Diperbarui: 31 Agustus 2024   22:05 34
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Nama               : Lia Astria

Kabupaten    : Lingga

Provinsi        : Kepulauan Riau

Kelas              : 8 CGP Angkatan 10

Fasilitator   : Fasilitator Hairani Irma Syuryani Nasution, S.Pd.Gr., M.M.Kons.

PP                   : Marlina, S.Pd.Gr.

Refleksi Modul 3.3 Ruang Kolaborasi Sesi 2

  • Paradigma berpikir saya sebagai seorang guru, ada rasa yang berbeda pada diri saya, muncul keyakinan dan percaya diri saya tentang peran saya sebagai seorang guru, guru adalah seorang fasilitator, mitra belajar bagi murid, menjadi motivator, dan juga kontroling pada proses pembelajaran yang diselenggarakan.

  • Setelah mempelajari modul ini saya harus mengurangi peran saya sebagai leader utama di kelas terutama memaksakan kehendak saya di kelas, saya harus memulai berkolaborasi dengan murid dalam menciptakan kelas yang membahagiakan murid, bagaimana menciptakan kelas yang dicintai murid, bagaimana murid mulai membuat proyek yang mereka mau sesuai dengan potensi murid.
  • Hari ini saya memahami bagaimana melaksanakan program/kegiatan dengan mengakomodir 3 poin yaitu choice, voice, dan ownership program yang berdampak pada murid di sekolah berdasarkan karakteristik lingkungan yang menumbuhkembangkan kepemimpinan pada murid.
  • Setelah mengikuti kegiatan rukol terakhir bersama ibu fasilitator saya merasa haru karena tidak ada lagi diskusi bersama fasilitator dalam mendampingi secara daring dan pendampingan selama pendidikan yang tidak bosan-bosannya mengingatkan untuk menyelesaikan tugas, memberi motivasi di tengah kesibukan beliau. Terima kasih Ibu hampir 6 bulan kebersamaan kita di ruang virtual.

Saya mengucapkan terima kasih kepada Ibu Fasilitator Hairani Irma Syuryani Nasution, S.Pd.Gr., M.M.Kons. yang telah memberikan banyak ilmu, pengalaman, dan motivasi sehingga saya semangat, kuat, dan teguh mengikuti kegiatan Pendidikan Guru Pengggerak sampai dengan ruang kolaborasi sesi 2 pada modul 3.3 yang merupakan pertemuan terakhir rukol bersama ibu fasilitator pada ruang virtual.

Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Ibu Pengajar Praktik Marlina, S.Pd.Gr. yang telah setia mendampingi saya sampai dengan saat ini.

Saya juga mengucapkan terima kasih kepada rekan CGP Angkatan 10 Kelas 8 Kabupaten Lingga yang sama-sama berjuang untuk pengembangan diri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun