Rumus dalam Excel mengikuti kaidah-kaidah pada umumnya, namun penulisannya disesuaikan dengan  karakter-karakter yang ada di keyboard. Rumus di Excel adalah rumus matematika yang digunakan untuk menghitung suatu nilai. Dalam penulisannya rumus di Excel harus dimulai dengan tanda sama dengan (=).
Contoh = untuk mengetikkan rumus 4 x 12 maka dalam Excel diketik dalam bentuk "=4*12.
Berikut beberapa fungsi yang disediakan dalam Excel adalah fungsi matematika, statistik, logika, referensi, financial, absolut, serta grafik.
Mengenal Fungsi FinancialÂ
Untuk mengolah data-data keuangan, maka rumus yang digunakan antara lain untuk menghitung penyusutan yaitu sbb :
1. Straight Line Method (SLN) atau metode garis lurus, rumusnya adalah =SLN (cost;salvage;life)
2. Sum of Year's Digit (SYD) atau metode jangka angka tahun, rumusnya adalah =SYD(cost;salvage;life;per)
3. Double Decline Balance (DDB) atau saldo menurun ganda, rumusnya adalah =DDB(cost;salvage;life;period;[factor])
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H