Mohon tunggu...
Lia KamaliyaNurrosyada
Lia KamaliyaNurrosyada Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswa

Hobiku jalan-jalan, cita-citaku menjadi orang yang bermanfaat untuk semua.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Transformasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Moderat: Strategi dan Tantangan di Era Merdeka Belajar

5 Juli 2024   22:14 Diperbarui: 5 Juli 2024   22:18 40
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Lia Kamaliya Nurrosyada/2121056

Di era Merdeka Belajar yang menekankan pada kebebasan dan kreativitas belajar, transformasi dalam pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) moderat menjadi sangat penting. Artikel ini akan mengeksplorasi strategi dan tantangan dalam transformasi tersebut, dengan fokus pada bagaimana kurikulum PAI dapat mengintegrasikan nilai-nilai keislaman moderat dan mendukung visi pendidikan inklusif.

Strategi Transformasi Kurikulum PAI Moderat

  • Integrasi Nilai-Nilai Keislaman Moderat
  • Pengembangan kurikulum PAI moderat memerlukan integrasi nilai-nilai keislaman yang tidak hanya mengajarkan pemahaman agama yang moderat, tetapi juga mempromosikan toleransi, kedamaian, dan penghargaan terhadap keragaman. Strategi ini melibatkan:
  • Revisi Materi Ajar: Mengkaji kembali materi ajar untuk memastikan bahwa nilai-nilai keislaman moderat disampaikan dengan tepat dan jelas.
  • Pembelajaran Berbasis Nilai : Menggunakan pendekatan pembelajaran yang menekankan pada nilai-nilai seperti toleransi, saling menghormati, dan keadilan dalam konteks keislaman.
  • Pembaharuan Metode Pembelajaran
  • Era Merdeka Belajar menuntut inovasi dalam metode pembelajaran yang lebih interaktif, kolaboratif, dan inklusif. Strategi pembaharuan ini mencakup:
  • Pembelajaran Berbasis Proyek : Menggunakan proyek-proyek belajar yang relevan dengan kehidupan sehari-hari untuk mendorong pemahaman yang lebih mendalam.
  • Kolaborasi Antarpelajar : Mendorong kolaborasi antar siswa untuk memperluas pemahaman mereka tentang nilai-nilai keislaman moderat melalui diskusi dan pertukaran ide.
  •  Peningkatan Pelatihan Guru
  • Guru merupakan kunci keberhasilan implementasi kurikulum PAI moderat. Strategi untuk meningkatkan kompetensi guru meliputi:
  • Pelatihan Berkelanjutan : Menyelenggarakan pelatihan berkala untuk memperbarui pengetahuan dan keterampilan guru dalam mengajar PAI moderat.
  • Penggunaan Teknologi : Memanfaatkan teknologi pendidikan untuk mendukung pembelajaran interaktif dan inovatif dalam konteks PAI moderat.

Tantangan dalam Implementasi

  • Resistensi Terhadap Perubahan
  • Beberapa pihak mungkin menentang transformasi kurikulum PAI moderat karena kekhawatiran akan pengurangan keaslian agama atau ketidaksesuaian dengan nilai-nilai tradisional.
  • Ketersediaan Sumber Daya
  • Implementasi kurikulum PAI moderat memerlukan sumber daya yang memadai, termasuk buku teks yang sesuai, infrastruktur pendidikan yang memadai, dan aksesibilitas terhadap teknologi.
  • Evaluasi dan Penilaian
  • Menilai efektivitas kurikulum PAI moderat dalam mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan merupakan tantangan tersendiri, karena memerlukan alat evaluasi yang sesuai dan adil.

Transformasi kurikulum Pendidikan Agama Islam moderat di era Merdeka Belajar menawarkan peluang besar untuk memperkuat pemahaman keislaman yang moderat dan mendukung pembentukan individu yang toleran dan inklusif. Meskipun ada tantangan yang harus dihadapi, dengan strategi yang tepat dan komitmen yang kuat, implementasi kurikulum ini dapat membawa perubahan positif yang signifikan dalam pendidikan agama

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun