Mohon tunggu...
Levina Cutez
Levina Cutez Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Pusat Karier UPH Undang IKEA Adakan "On Campus Recruitment"

28 Mei 2018   09:57 Diperbarui: 28 Mei 2018   15:20 485
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Sebagai rangkaian acara dari On Campus Recruitment (OCR)) yang telah dilaksanakan sejak 6 April yang lalu, Career Center Universitas Pelita Harapan (UPH) mengundang IKEA perusahaan retail global yang berasal dari Swedia, pada hari Jumat 25 Mei 2018 pukul 09.00 pagi di Gedung C UPH main campus lantai 4 ruangan 401. Acara yang ditujukan khusus untuk mahasiswa dan alumni UPH, dihadiri 36 partisipan.

Dalam acara ini representative IKEA memberikan pengenalan perusahaan dan juga IKEA's Values yaitu nilai -- nilai dasar yang diterapkan IKEA dalam budaya kerjanya. Eliza Fazia sebagai Country Marketing Manager IKEA, dalam presentasinya menegaskan bahwa IKEA sangat mengutamakan IKEA's Values dalam memilih karyawannya, dan kemampuan karyawan dalam menginternalisasikan value-value ini lebih penting daripada kepintaran akademik.  IKEA's Values terdiri dari; Togetherness, caring for people and planet, Cost consciousness, Simplicity, Renew and improve, Different with a meaning, Give and Take responsibility, dan Lead by example.

Dalam acara ini juga hadir para alumni UPH yang bekerja di IKEA untuk memberikan testimoni. Umumnya para alumni mengakui budaya perusahaan IKEA, seperti sistem kerja yang baik, kekeluargaan dan tolong menolong sangat memotivasi mereka untuk bekerja. Tidak hanya itu, pada kesempatan kali ini pihak IKEA juga membawa seluruh team leader dari tiap divisi pekerjaan yang ada di IKEA, yang terdiri dari IKEA Food, sales, customer design, customer relation, function in store logistics, E-Commerce serta human resource. Setiap kepala divisi beserta beberapa anggotanya melakukan presentasi untuk menjelaskan bagian pekerjaan mereka yang mungkin menarik perhatian para mahasiswa.

Antusias para mahasiswa UPH dapat terlihat ketika banyak sekali pertanyaan yang mereka ajukan pada saat sesi tanya jawab. Tidak hanya membicarakan lowongan kerja tetap, tetapi juga dibicarakan tentang adanya program magang dan paruh waktu dengan minimal waktu 24-36 jam seminggu yang dapat diikuti oleh mahasiswa. Acara kemudian dilanjutkan dengan interview bersama dengan setiap ketua divisi beserta penyerahan CV oleh para pendaftar.

"Ini merupakan kedua kalinya UPH melakukan kerjasama dengan IKEA setelah Career Expo UPH pada bulan Maret lalu, dan dari Career Expo yang lalu saya melihat begitu banyak mahasiswa UPH dan public umum lainnya datang mengunjungi booth IKEA. Oleh karena itu carrer center mengundang IKEA dalam OCR kali ini sesuai dengan ketertarikan mahasiswa kepada perusahaan ini. dan saya mengapresiasi respon IKEA yang menghadirkan para team leader tiap divisi untuk memberikan penjelasan dan juga menjawab setiap pertanyaan dari para mahasiswa tentang pekerjaan mereka" ungkap Ratna selaku Section Head of Alumni & Career Center UPH.

Bagi IKEA sendiri, acara ini juga sangat spesial karena ini merupakan OCR pertama yang dilakukan oleh IKEA dan UPH menjadi universitas pertama yang mejadi wadah dalam kegiatan ini.

"Saya berharap agar banyak mahasiswa maupun alumni UPH bisa bekerja di IKEA, karena IKEA merupakan perusahaan retail global milik Swedia yang besar dan memiliki cabang tersebar di banyak negara. IKEA juga memiliki value yang bagus disertai dengan sistem kerja dan koordinasi yang baik sehingga para mahasiswa bisa mendapat pengalaman bekerja yang baik pula di IKEA," kata Ratna.

Para mahasiswa UPH sangat tertarik terhadap IKEA, karena produknya yang berbeda, logistic yang sangat efektif, divisi pekerjaan yang beragam yang memungkinkan banyak mahasiswa dari berbagai jurusan untuk berkarir di IKEA sesuai dengan skill yang mereka miliki, serta sistem kerja yang khusus yang terlihat dari sistem self service yang mengajarkan customer di setiap negara untuk hidup mandiri dan bertanggung jawab.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun