Mohon tunggu...
Lestari Soonard
Lestari Soonard Mohon Tunggu... Administrasi - Terus belajar

Arsitek yang Terapis, Fotografer, menyukai menulis, eksperimen masak, tanaman, anabul, senang belajar hal baru. Buku : The Miracle of Doa, The Wonderful Sedekah

Selanjutnya

Tutup

Ramadan

Hikmah Indah di Masjid Al Azhar Dari Masa Ke Masa

9 April 2023   01:43 Diperbarui: 9 April 2023   01:49 778
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Senja di Masjid Al Azhar (dok. Pribadi)

Puluhan purnama lalu....saya diajak seorang sahabat memasuki aula Masjid Al Azhar. Itu pertama kali saya ke Masjid Al Azhar. Dengan bingung saya memgikuti jamaah yang duduk berhadapan dengan segelas teh & takjil di hadapan masing-masing.
Saat azan berkumandang...
Kami berdoa bersama...
Berbuka bersama...
Setelah itu kami diberi nasi box.
Bersiap menunaikan sholat Maghrib di lantai atas.

Masjid Al Azhar (dok pribadi)
Masjid Al Azhar (dok pribadi)

Kedua kalinya saya kembali diajak ke Masjid Al Azhar oleh sahabat saya, karena dia yang yatim piatu mau membayar zakat. Kemudian kami hunting foto di sekitar Masjid.
Kenangan indah penuh hikmah...
Saya belajar pada seorang yatim piatu di usia belia menunaikan kewajibannya. Saya belajar bagaimana proses pembagian zakat. Bagaimana ada saja yang berusaha mencari celah...memanfaatkan momen tersebut untuk menimbun zakat....dengan membawa karung besar.


Beberapa tahun lalu, saya kembali ke Masjid Al Azhar untuk I'tikaf bersama dua putra saya. Di Masjid Al Azhar, kami mendapat pengalaman berbeda dibanding I'tikaf di Masjid Pondok Indah dan Masjid Sunda Kelapa.
Di sini, saat itu, jamaah dibebaskan dalam melaksanakan sholat sunah Tahajud.

Masjid Al Azhar (dok. Pribadi)
Masjid Al Azhar (dok. Pribadi)

2 hari lalu, saya kembali ke Masjid Al Azhar kembali. Saya bersama putra bungsu kangen dengan suasana buka bersama di Masjid dan beribadah di Masjid. Alhamdulillah....ternyata tahun ini Masjid Al Azhar berulang tahun ke 71.
Kami memasuki aula. Sudah ditata segelas teh dan sekotak takjil yg diatur berbaris rapi bersisian dengan karpet hijau.
Kultum di mulai.
Tanpa dapat dicegah, aliran hangat mengalir di pipi. Terbayang saat ke sini bertiga bersamamu, mas....
Sekarang kamu sudah tenang, sehat & bahagia bersama-Nya...
Tapi rasanya kamu hadir di aula itu, mas...
Mukamu cerah dengan senyum khas mu...kamu terlihat segar...dan kita berpelukan....kangen.... Al Fatihah...

Azan berkumandang...
Kami berdoa bersama...
Berbuka bersama...
Sholat Maghrib berjamaah....
Sholat Isya Berjamaah....
Sholat Taraweh berjamaah....
Sholat Witir berjamaah...

Insyaa Allah kami datang kembali Masjid Agung Al Azhar...dengan kisah berhikmah indah lainnya....

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ramadan Selengkapnya
Lihat Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun