Mohon tunggu...
Leony Salsabila
Leony Salsabila Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hai! Saya adalah seorang mahasiswa jurusan akuntansi.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Sistem Pengendalian Manajemen pada PT Indofood Sukses Makmur Tbk

7 Juni 2024   18:45 Diperbarui: 7 Juni 2024   19:12 45
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk. merupakan salah satu perusahaan besar yang sangat terkenal di Indonesia. Perusahaan ini bergerak di bidang pengolahan makanan dan minuman yang didirikan pada tahun 1971 dan memiliki cabang hampir di semua daerah di Indonesia dengan mencanangkan suatu komitmen untuk menghasilkan produk makanan olahan. bermutu, aman, dan halal untuk dikonsumsi. Aspek kesegaran, higienis, kandungan gizi, rasa, praktis, aman dan halal dikonsumsi senantiasa menjadi prioritas Indofood untuk menjamin mutu produk yang selalu prima. Indofood adalah perusahaan makanan perdana di Indonesia, dan menguasai pasaran dalam negeri melalui berbagai produknya, termasuk mi instan, tepung terigu, berbagai merek minyak dan lemak nabati, makanan bayi, serta makanan ringan. Indofood juga memproduksi produk bumbu makanan.

PT Indofood Sukses Makmur Tbk berkedudukan di Jakarta dan didirikan nama PT Panganjaya Intikusuma berdasarkan akta pendirian No. 228, tanggal 14 Agustus 1990. Perusahaan ini berkantor pusat di Plaza Sudirman yang berada di Jl. Jendral Sudirman Kav 76-78. Berdasarkan rapat umum pemegang saham, tanggal 5 Februari 1994, perseroan mengubah namanya yang semula PT. Panganjaya Intikusuma menjadi PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. Pada tahun 1994 tersebut PT. Indofood Sukses Makmur Tbk terdaftar di Bursa Efek Jakarta dan resmi menjadi perusahaan publik.

Tujuan didirikannya PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Bandung adalah (1) memperluas bidang usaha secara terus menerus melalui bidang usaha internal maupun pengembangan usaha strategis, (2) mengurangi biaya transportasi; (3) selalu meningkatkan kesejahteraan karyawan; (4) mensuplai daerah lain yang selalu kekurangan persediaan barang; dan (5) berperan serta dalam pelestarian lingkungan hidup dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Menurut Franiscus Welirang sang Direktur PT. Indofood Sukses Makmur Tbk dalam koran-sindo.com. Disiplin, menjunjung tinggi integritas, menghargai pemangku kepentingan, dan inovasi yang berkelanjutan, adalah nilai-nilai yang senantiasa ditekankan di lingkungan PT Indofood Sukses Makmur Tbk.

"Dengan disiplin sebagai dasar dari cara hidup, Kami menjalankan bisnis kami dengan integritas; Kami memperlakukan para pemangku kepentingan kami dengan hormat, dan bersama-sama kita bersatu untuk mencapai keunggulan dan inovasi yang berkelanjutan."

Upaya pengembangan motivasi kerja dalam organisasi merupakan masalah yang tidak dapat diabaikan begitu saja. Pengembangan motivasi kerja dapat menghasilkan sumber daya manusia handal dan berkualitas. Hal ini merupakan aset organisasi untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi baik jangka pendek maupun jangka panjang. Dalam suatu sistem operasional perusahaan, potensi sumber daya manusia pada hakekatnya merupakan salah satu modal dan memegang suatu peran yang paling penting dalam mencapai tujuan perusahaan. Oleh karena itu perusahaan perlu mengelola Sumber Daya Manusia sebaik mungkin tanpa mengabaikan motivasi kerja bagi para karyawan dalam Perusahaan.

Pengembangan SDM dilakukan berdasarkan kebutuhan kompetensi di setiap tingkat jabatan. mulai dari tingkat jabatan operatif yang cenderung lebih bersifat teknis, seperti pengoperasian mesin dan peralatan kerja, sertifikasi keahlian teknis serta sertifikasi standar mutu.

Sedangkan di tingkatan yang lebih tinggi, membutuhkan keahlian non-teknis yang lebih tinggi dan kompleks seperti metode peningkatan produktivitas kompetensi manajerial dan kepemimpinan.

PT. Indofood CBP Sukses Makmur tbk. Merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang industri makanan dan minuman. Perusahaan ini merupakan salah satu cabang perusahaan yang dimiliki oleh Salim Group dan bergerak sebagai perusahaan terkemuka dalam produksi mie instan dan makanan olahan lain di Indonesia.

Pada tahun 2008 Indomie melakukan pengembangan inovasi dalam membuat produk baru yaitu memproduksi paket seperti Pop Mie. Metode yang digunakan untuk promosi adalah melalui iklan di beberapa media elektronik dan cetak, mensponsori berbagai acara, serta instalasi iklan billboard secara luas. Indomie sangat dikenal dengan taglinenya, "Indomie Seleraku".

Dalam upaya mengembangkan kesuksesan dari Pt Indofood Sukses Makmur, Perusahaan mengupayakan keberhasilan dan keefektifan promosi dengan menggunakan media sosial sebagai jembatan perantara kepada konsumen dan juga melalui gerai retail-retail. Dengan merumuskan strategi, sebuah perusahaan berarti sudah membuat formulasi tentang apa yang harus dilakukan dalam bisnis(Arifudin Opan et al., n.d.)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun