Mohon tunggu...
Leonardo Agastya Kusuma
Leonardo Agastya Kusuma Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Seorang mahasiswa program studi psikologi yang tertarik dalam bidang humaniora dan sejarah.

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Tak Kenal, Maka Tak Sayang: Awalnya Asing Sampai Sering Nyore Bareng KAI Commuter Jogja-Solo

4 September 2023   20:59 Diperbarui: 4 September 2023   21:18 106
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Situasi Ruang Tunggu Stasiun Solo Jebres | Foto: Leonardo Agastya/Dokumen Pribadi

Masih berusia muda, namun sudah memiliki banyak penggemar, KAI Commuter Jogja-Solo. Suatu waktu, teman saya dari Solo menghubungi dan memberi kabar bahwa dia sudah sampai di Stasiun Tugu.

Saya yang sedang berkuliah di Jogja terkejut, kenapa teman saya yang biasanya irit, lebih memilih moda transportasi kereta yang harga tiketnya mahal? Padahal jika naik kendaraan pribadi akan lebih cepat dan murah.

Ketika bertemu, saya pun bertanya kepada teman saya, kenapa dia memilih moda transportasi kereta dari Solo ke Jogja, bukannya mahal? Teman saya justru balik terkejut dengan pertanyaan saya.

Teman saya balik bertanya, memangnya saya tidak pernah mendengar informasi tentang KAI Commuter Jogja-Solo? Padahal saat itu sedang hype informasi mengenai KAI Commuter Jogja-Solo.

Saya pun heran, lalu saya segera meraih gawai dan mencari informasi mengenai KAI Commuter Jogja-Solo melalui mesin pencarian. Ternyata sudah banyak informasi mengenai KAI Commuter Jogja Solo.

Harga tiketnya hanya Rp 8.000 sekali jalan dan waktu yang ditempuh dari Stasiun Tugu menuju Stasiun Solo Balapan hanya sekitar 1 jam. Setelah mengetahui informasi tersebut, saya segera meluangkan waktu untuk mencoba KAI Commuter Jogja-Solo.

Berhenti di Stasiun Lama yang Kembali Hidup

Setelah mendapatkan waktu luang, akhirnya saya memiliki kesempatan untuk mencoba KAI Commuter Jogja-Solo untuk pertama kalinya. Perjalanan pertama saya bersama KAI Commuter Jogja-Solo dimulai dari Stasiun Tugu menuju Stasiun Ceper bersama adik saya.

Pembelian tiket KAI Commuter Jogja-Solo ternyata tidak dilayani melalui loket, namun dengan menggunakan Kartu Multi Trip yang bisa didapatkan di stasiun atau menggunakan aplikasi uang digital yang support dengan KAI Commuter. Saya dan adik saya memanfaatkan aplikasi uang digital karena lebih praktis dan cepat.

Pengalaman pertama dalam menggunakan layanan KAI Commuter Jogja-Solo tidak menyebabkan saya takut atau kebingungan karena ketika saya bingung harus ke mana, saya selalu bertanya kepada orang-orang berseragam KAI yang merupakan petugas stasiun. Para petugas stasiun selalu memberikan jawaban yang lugas dan jelas dengan sangat ramah.

Setelah bertanya tentang jadwal keberangkatan KAI Commuter Jogja-Solo kepada salah satu petugas stasiun, ternyata jadwal keberangkatan yang selanjutnya masih sekitar 10 menit. Saya pun memindai barcode aplikasi uang digital di tempat yang telah disediakan dengan dibantu petugas stasiun, lalu duduk di ruang tungggu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun