Mohon tunggu...
Leonard Leonard
Leonard Leonard Mohon Tunggu... Dosen - Leonard Simangunsong

Dosen Program Studi Pendidikan Matematika dan Program Pascasarjana Universitas Indraprasta PGRI, sekaligus diberi kepercayaan sebagai Kepala Pusat Penelitian LPPM dan Editor in Chief Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA (Terakreditasi Sinta 2).

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Strategi Pembelajaran Tugas dan Paksa

19 Januari 2024   17:26 Diperbarui: 19 Januari 2024   17:27 413
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Yups...

Strategi pembelajaran tugas dan paksa merupakan strategi yang saya kembangkan berdasarkan karakter dan budaya masyarakat Indonesia (diri sendiri). Full papernya dapat dilihat melalui link berikut ini (walaupun tata bahasa dan cara penulisannya masih berantakan, karena waktu itu fokusnya hanya ingin meregistrasi pemikiran dalam bentuk publikasi ilmiah).

Secara sederhana, strategi pembelajaran tugas dan paksa bertujuan untuk membangkitkan kesadaran peserta didik tentang pentingnya belajar, sehingga diharapkan setelah mereka disadarkan, maka akan timbul keinginan dan kedisiplinan untuk belajar dengan giat. Mengapa didasarkan pada karakter dan budaya masyarakat Indonesia? Kita sangat paham bahwa (mudah-mudahan sekarang sudah berubah) masyarakat Indonesia cenderung tidak akan belajar atau mengulang pelajaran jika tidak diberikan tugas, lalu tidak akan mengerjakan tugas jika tidak dipaksa. Hal inilah yang kemudian menjadi dasar untuk mengembangkan formula dari strategi pembelajaran tugas dan paksa, dimana siswa diberikan tugas sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, kemudian siswa didorong dengan paksaan untuk konsisten mengerjakan tugas yang diberikan.

Secara teknis, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan sebelum mengaplikasikan strategi pembelajaran tugas dan paksa. Hal ini bertujuan untuk mempersiapkan mental peserta didik sehingga mereka kuat dan memiliki semangat dalam mengikuti setiap tahapan pembelajaran.

Silakan dibaca full papernya atau juga silakan dicari paper lain yang telah memodifikasi berbagai metode pembelajaran dengan strategi pembelajaran tugas dan paksa.

Bagaimana pendapat Anda? 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun