Mohon tunggu...
leon andreas
leon andreas Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Pelajar

Pelajar SMA

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Analisis Perilaku Siswa/I Terhadap Prestasi Belajar Murid SMAK ST Fransiskus Assisi Samarinda

21 Oktober 2024   10:05 Diperbarui: 21 Oktober 2024   10:07 70
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Latar belakang:

   Penting nya hubungan antara perilaku siswa/i dan prestasi belajar untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh perilaku siswa dan siswi terhadap prestasi belajar di sekolah dengan mengidentifikasi faktor faktor yang mempengaruhi prestasi belajar dari perilaku siswa/i.

 

Rumusan Masalah:

  *Bagaimana perilaku siswa/i dapat mempengaruhi prestasi belajar mereka?

Landasan teori:

   1.Teori perilaku siswa/i.

A.Perilaku menyatakan bahwa perilaku dapat di modifikasi melalui interaksi lingkungan.

B.Belajar sosial lingkungan yang positif dapat mendorong perilaku yang baik.

C.Motivasi menekankan pentint nya motivasi intrisik di mana siswa/i belajar karena minat.

   2.Faktor

berikut beberapa faktor yang dapat mempengaruhi belajar.

*Perilaku siswa/i di kelas.   

*Lingkungan belajar.           

*Motivasi.                             

*Kebiasaan belajar.

*Interaksi.

*Persepsi diri.

*Mengatasi stress.

Hipotesis untuk analisis perilaku siswa terhadap prestasi belajar murid bisa dirumuskan sebagai berikut:

Hipotesis Utama: Terdapat hubungan positif antara perilaku siswa (seperti motivasi, disiplin, dan partisipasi) dan prestasi belajar murid.

Hipotesis Tambahan:

Siswa yang menunjukkan motivasi tinggi cenderung memiliki prestasi belajar yang lebih baik.

Disiplin yang baik dalam belajar berkontribusi pada peningkatan prestasi akademik.

Partisipasi aktif dalam kelas berpengaruh positif terhadap pemahaman materi dan hasil belajar.

Metoe Penelitian.

  A.Jenis penelitian

Jenis penelitian yang di gunakan adalah jenis penelitian kualitif yaitu jenis penelitian yang berfokus pada pemahaman yang mendalam.

  B.Teknik pengumpulan data.

Saya akan mengumpulkan data dengan wawancara dan observasi.

  C.Analisis Naratif.

Menggali cerita atau pengalaman siswa yang menggambarkan bagaimana lingkungan mempengaruhi karakter mereka.

  D.Unit analisis data.

Unit analisis adalah satuan yang diteliti dalam penelitian, yang dapat berupa individu, kelompok, benda, latar perisitiwa. Unit analisis yang saya pilih adalah siswa/i yang ada di SMAK St Fransiskus Assisi Samarinda.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun