1. Kesejahteraan guru dan tenaga pendidik
Kesejahteraan guru dan para tenaga pendidik adalah bukti bahwa kualitas sistem pendidikan di suatu negara bisa dikatakan bagus. Namun, hal tersebut masih belum bisa tercapai di Indonesia. Sering kali kita temui sebuah berita atau kasus tentang seorang guru yang tidak mendapatkan kesejahteraan yang seharusnya dia dapatkan terkhususnya para tenaga pendidik dan guru honorer, sering kali hal yang terjadi adalah bayaran yang tidak sesuai atau dibawah standar. Ini cukup membuktikan bahwa kualitas sistem pendidikan di Indonesia belum cukup memenuhi standar karena dalam masalah kesejahteraan guru pun masih belum bisa terjamin. Solusi yang pasti adalah menjamin kesejahteraan para guru selain guru yang sudah terdaftar menjadi Pegawai Negeri Swasta, namun juga para guru honorer yang wajib mendapatkan jaminan kesejahteraan yang yang berhak mereka dapatkan.
2. Kualitas tempat belajar dan fasilitas yang mumpuniÂ
Kualitas tempat belajar serta fasilitas pembelajaran juga wajib diperhatikan demi keberlangsungan kegiatan belajar mengajar yang aman dan nyaman. Namun, masih banyak sekolah di Indonesia dalam tingkatan dasar sampai menengah yang memiliki kualitas tempat serta fasilitas yang tidak sesuai standar. Misalnya, bangunan sekolah yang rusak, fasilitas pembelajaran yang tidak sesuai standar bahkan masih ada sekolah yang tidak memiliki fasilitas pembelajaran yang lengkap. Selain itu, alokasi dana pendidikan yang diberikan kepada sekolah wajib diawasi dengan baik guna menghindari oknum oknum tidak bertanggung jawab yang bisa saja melakukan praktik korupsi sehingga pembangunan fasilitas sekolah tersendat karena dana yang dibutuhkan tidak sesuai yang diharapkan karena adanya praktik korupsi dana sekolah. Regulasi tentang dana pendidikan yang akan diturunkan ke sekolah sekolah wajib dikaji lebih mendalam agar meminimalisir terjadinya praktik kotor yang bisa saja terjadi karna lemahnya penegakan hukum sehingga oknum oknum dapat bergerak bebas.Â
3. Pemerataan pendidikan di seluruh daerah di IndonesiaÂ
Pemerataan pendidikan di daerah daerah di Indonesia masih terbilang minim, khususnya di daerah daerah terpencil. Banyak sekali anak anak yang belum bisa mendapatkan hak pendidikan yang seharusnya mereka dapatkan dikarenakan tidak meratanya pendidikan yang ada. Seharusnya para pemerintah daerah lebih memperhatikan pendidikan yang ada di daerahnya, apakah sudah merata atau bahkan belum layak sama sekali. Jika masih banyak anak anak di Indonesia yang belum mendapatkan hak pendidikan yang layak, maka kemajuan kualitas sumber daya manusia di Indonesia hanyalah angan semata. Pemerintah pusat dan pemerintah daerah wajib bekerja sama dalam memberantas permasalahan ini, dengan mulai melakukan survey ke daerah daerah yang belum mendapatkan pemerataan pendidikan, mulai perencanaan pembangunan tempat pendidikan yang layak, lalu perealisasian perencanaan yang telah disepakati bersama. Dengan dimulainya pemerataan pendidikan, maka kemajuan pendidikan di Indonesia bisa dicapai sesuai dengan harapan.
4. Peningkatan kualitas guru dan tenaga pendidikÂ
Salah satu aspek yang tak kalah penting yang berpengaruh dalam memajukan pendidikan di Indonesia adalah peningkatan kualitas guru dan tenaga pendidik. Guru yang kompeten dan terlatih memiliki peran kunci dalam menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan inovatif. Selain itu, pentingnya pelatihan berkala untuk meningkatkan kemampuan calon guru dan tenaga pendidik, akses pada teknologi dan sumber daya pendidikan, serta kesejahteraan guru menjadi faktor utama dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Dengan mendukung para pendidik, diharapkan mereka mampu memberikan pembelajaran yang relevan dan sesuai dengan perkembangan zaman, yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas lulusan dan daya saing Indonesia di tingkat global.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H