Di Indonesia, ada beberapa kota yang terbelah sungai besar, misalnya Palembang dan Pontianak. Palembang "dibelah" oleh sungai Musi, dan Pontianak "dibelah" oleh sungai terpanjang Indonesia - Sungai Kapuas.
Karena keterbatasan dana, kota Palembang dan Pontianak hanya ada satu jembatan penyeberangan yang besar. Jembatan tersebut harus menampung seluruh kendaraan yang lewat, bus, truk, mobil, sepeda motor dan orang.
Untuk meringankan beban jembatan, ada baiknya pemda kota Palambang dan Pontianak membuat beberapa jembatan penyeberangan khusus untuk motor/sepeda dan manusia. Karena biaya pembuatan jembatan (per lajur) penyeberangan motor/sepeda/manusia, relatif murah, mungkin hanya 10%-15% dari biaya membangun jembatan penyeberangan yang sanggup dilewati bus dan truck.
Dengan tambahan beberapa jembatan khusus motor/sepeda dan manusia di hulu dan hilir jembatan Musi dan Jembatan Kapuas, maka akan meringan beban traffic di jembatan excisting, juga menghindari berputar jauh, walau tujuan kita ada diseberang sungai (tidak jalan U).
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H