Minggu, 23 September 2012 saya berkesempatan untuk mengunjungi Indonesia International Motor Show 2012 (IIMS - 2012) yang berlangsung dari tanggal 20 September - 30 September 2012. Eco Mobility menjadi tema utama dalam pagelaran Motor Show yang diadakan di Jakarta International Expo yang berada bilangan Kemayoran Jakarta, Indonesia.Sekitar jam 14.00 berangkat dari Plasa Senayan dengan menggunakan Free Shuttle Bus yang merupakan layanan dari penyelenggara Indonesia International Motor Show ( http://www.indonesianmotorshow.com/2012/ ). Bus yang nyaman disediakan oleh penyelenggara dan tepat seperti dugaan begitu bus memasuki kawasan Kemayoran terdapat ratusan kendaraan yang mencoba memasuki area parkir dari Jakarta International Expo tempat IIMS 2012 berlangsung. Bus kami berusaha hampir 1 jam untuk dapat memasui area "drop off" didalam area parkir JIExpo .
Berjalan menuju tempat pembelian tiket masuk area IIMS langsung mendapati 3 antrian panjang. Terlihat panita begitu sigap melayani calon pengunjung yang mengantri dalam memberi tiket, sehingga antrianpun tidak terasa lama. Tiket Indonesia International Motor Show pada saat akhir pekan dijual seharga Rp. 30.000 , dan untuk anak dibawah 4 tahun tidak dikenakan biaya.Sebelum memasuki arena IIMS 2012, terdapat beberapa petugas keamanan yang memeriksa tiket masuk dari para pengunjung yang mau memasuki arena. Tidak jauh dari tempat pemeriksaan terdapat LCD berukuran cukup besar yang terdapat menu interaktif untuk mengetahui lokasi keberadaan pabrikan ada di hall mana. Hall A, terdapat Mazda, Ford, Daihatsu langsung menarik perhatian untuk dikunjungi pertama kali dalam Indonesia Motor Show 2012 ini.
Varian dari Daihatsu hampir semuanya ditampilkan termasuk adanya mobil konsep yang ramai di kunjungi oleh para antusias otomotif. Namun berhadapan dengan sudut Daihatsu, terpampang dengan megah 2 mobil andalan dari Mazda. Pada sudut pabrikan Ford, terdapat 2 booth games yang menarik, yaitu Torque Booth dan Towing Booth. Di kedua booth itu para pengunjung ditantang untuk menguji kekuatan menarik 'lever' yang dianalogikan dengan Torque dari Ford Rangers, serta menarik beban pada Towing Booth dengan tantangan 3000 Kg.
Toyota dan rivalnya Honda, keduanya sama-sama mengusung tema Eco Mobility. Terpampang tulisan "Goodness for Tomorrow" pada sudut Toyota , dan pada sudut Honda terpampang tulisan besar "Racing for Blue Skies" . Toyota menghadirkan varian Prius dan Camry dengan tagline "Hybrid" sayangnya sangat sedikit pengunjung yang berminat kepada 2 varian ini untuk mengetahui kehebatan dari 2 varian ini.